Sengaja kami melakukan pawai. Ini bukan hanya selebrasi. Tapi ini adalah juga edukasi sosialisasi kepada semua untuk memberikan semangat agar terus menjaga kebersihan kota
Kota Bogor (ANTARA) - Anugerah Piala Adipura yang diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diarak keliling kota untuk mengedukasi dan sosialisasi kepada  warga.

Piala Adipura ini diserahkan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa. Kemudian dibawa Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Duren Kalibata menuju Stasiun Bogor.

Dengan mengenakan kaos hitam bertuliskan Adipura Meunang Deui (Adipura Dapat Lagi), Bima Arya disambut ratusan warga dan petugas kebersihan yang telah menunggunya di Alun-Alun Kota Bogor.

Setelah memberi sambutan di Alun-Alun, Bima bersama Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor naik bak terbuka untuk melakukan pawai dan menunjukkan piala ini ke warga Kota Bogor.

“Sengaja kami melakukan pawai. Ini bukan hanya selebrasi. Tapi ini adalah juga edukasi sosialisasi kepada semua untuk memberikan semangat agar terus menjaga kebersihan kota,” ucap Bima Arya. 

Baca juga: Kota Bogor meraih Anugerah Piala Adipura untuk kedua kali

Piala itu dibawa keliling Kota Bogor dengan rute Alun-Alun Kota Bogor- Jalan Kapten Muslihat-Jalan Ir H Juanda (Balai Kota Bogor)-Jalan Jalak Harupat (Sempur)-Jalan Pajajaran (Tugu Kujang )-Jalan Otista-Jalan Surya kencana-Jalan Batu Tulis-Jalan Pahlawan (Bondongan)-Empang-BTM-Jalan Paledang (kantor DLHK)-Jalan Muslihat-Balai Kota Bogor.

Sepanjang jalan warga Kota Bogor menyambut dengan suka cita, terutama anak-anak sekolah yang berbaris di sisi Jalan Ir H Juanda dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Bima juga turun dari mobil dan berlari agar anak-anak sekolah bisa melihat dari dekat piala Adipura yang dinantikan sejak 1995 ini.

Dengan kegiatan ini Bima berharap warga yang sebelumnya tidak tahu apa itu Anugerah Piala Adipura menjadi tahu, serta menjadi semakin bangga atas kebersihan Kota Bogor.

“Jadi itu target kita melakukan pawai. Memberikan inspirasi, edukasi dan menyemangati,” ucap Bima Arya.

Baca juga: Pemkot Bogor berjuang raih kembali penghargaan Adipura
Baca juga: KLHK serahkan Adipura Kencana 2023 kepada lima kabupaten/kota


Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024