Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakpus Dhany Sukma meminta tim terkait untuk fokus melihat perkembangan titik lokasi yang akan dikunjungi Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan piala Adipura.
 
"Kita ingin lebih fokus pada titik-titik penilaian Adipura dan juga lintasan-lintasan. Untuk itu, perlu dipersiapkan dengan baik dan maksimal," kata Dhany dalam keterangan yang diterima, Rabu.
 
Dhany juga menekankan perlunya usaha yang besar untuk menata pasar-pasar, terutama dalam pengelolaan sampahnya. 
 
"Sampah pasar kan produksinya cukup tinggi sehingga mesti kita tingkatkan pada hal tersebut. Nantinya dari sampah bisa menjadi berkah," katanya. 
 
Jelang verifikasi lapangan, Dhany mengumpulkan para camat, lurah, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Gambir, pada Rabu. 
 
Dalam pertemuan tersebut, Dhany mengingatkan para camat, lurah, dan Kepala OPD terkait untuk turun ke lapangan serta saling berkolaborasi untuk memastikan titik-titik yang akan diverifikasi sudah sesuai prosedur penilaian atau belum. 
 
"Jangan ada ego sektoral. Mari kita bangun kolaborasi yang baik. Ini sebetulnya kegiatan rutinitas dari masing-masing perangkat, kebersihan, kerapian, penghijauan dan lain sebagainya. Namun, sekarang ada maksud dan tujuannya, yaitu untuk Adipura," ujarnya. 
 
Ia mengaku optimis dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang baik dari semua pihak di wilayah Jakarta Pusat untuk dapat menghadapi Adipura Tahun 2023 dengan baik.
 
Sementara itu, Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Slamet Riyadi mengatakan lokasi penilaian di Jakarta Pusat ada sebanyak 110 titik. Namun, menurutnya, yang pasti akan didatangi oleh tim penilai sebanyak 70-80 titik.
 
Ia juga menyebut, tim penilai terdiri dari empat orang, yaitu dua orang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan dua orang dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.
 
"Insya Allah Verlap akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Oktober 2023 mendatang, dan untuk di Jakarta Pusat tim penilai akan melakukan selama tiga hari, jadi berakhir di tanggal 18 Oktober 2023," ungkapnya.
 
Baca juga: Wali Kota Jakpus sebut nilai luhur Pancasila dapat memperkokoh NKRI

Baca juga: Wali Kota dan KPU Jakpus sebut RT-RW berperan penting lancarkan pemilu

Baca juga: Wali Kota Jakarta Pusat ajak pelajar donasikan minyak jelantah
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023