Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) menggelar serangkaian tes kesehatan kepada atlet yang diproyeksikan tampil di kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, Prancis, yaitu Megawati Tamesti Maheswati dan Ni Kadek Heni.

Kedua taekwondoin yang memiliki peringkat tertinggi di World Taekwondo Ranking Poin dan Olympic Ranking Poin di Indonesia itu mengikuti serangkaian tes kesehatan dimulai dari tes psikologi oleh Dinas Psikologi Angkatan Darat pada Rabu (11/10), dilanjutkan tes kesehatan yang digelar di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (12/10), dan tes fisik oleh tim Sport Science PBTI di area GBK Senayan, Jumat (13/10).

“Keduanya juga memiliki pengalaman dan prestasi yang cukup baik pada multievent dan single event yang diselenggarakan World Taekwondo,” kata Ketua Umum PB TI  Richard Tampubolon melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat.

Richard mengatakan, PB TI kemungkinan akan menambah atlet yang mengikuti rangkaian tes. Namun, ia masih menunggu hasil dari babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 yang digelar pada akhir Oktober in.

“Setelah babak kualifikasi PON akan terlihat atlet-atlet potensial yang dapat dibina lebih lanjut untuk memperkuat tim pelatnas taekwondo ke depannya,” ucap Richard.

Seluruh tes yang diikuti dua taekwondoin itu ditujukan untuk mengetahui kondisi atlet sebagai data awal menuju persiapan kualifikasi Olimpiade Paris zona Asia yang akan diselenggarakan di Tai'an China pada Maret 2024.

“Harapannya tim pelatnas dapat menganalisa poin-poin yang perlu ditingkatkan dan dapat merumuskan strategi terbaik untuk mencapai target,” ucap Richard.

Baca juga: Atlet-atlet taekwondo Indonesia gagal raih medali dari Asian Games

“Saya pesan kepada para atlet untuk yakin dan berjuang sungguh-sungguh demi Merah Putih. Berusaha sebaik-baiknya dalam persiapan fisik dan mental. Bekalkan diri dengan sport intelegent supaya bisa mengenal lawan lebih baik untuk menentukan strategi terbaik saat bertanding,” tambahnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Megawati maupun Heni mengaku sangat antusias mengikuti setiap tes kesehatan yang telah disiapkan untuk persiapan menuju Olimpiade 2024.

“Dengan tes-tes ini, saya jadi lebih tahu apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan ke depan. Harapannya lewat hasil tes nanti dan program ke depan, seluruh tim dapat bersinergi untuk mencapai target yang diinginkan,” kata Megawati.

“Saya menjalani seluruh tesnya. Tesnya lengkap sekali, khususnya tes kesehatan. Semoga semua hasilnya baik dan dapat mendukung pencapaian prestasi terbaik,” ujar Heni.

Baca juga: Richard Tampubolon terpilih secara aklamasi sebagai Ketum PBTI
Baca juga: World Taekwondo beri ucapan selamat atas terpilihnya Ketua Umum PBTI


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023