Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia Asian Para Games 2022 berangkat ke ajang olahraga disabilitas Asian Para Games 2022 Hangzhou, China, dengan menggunakan pesawat carter dari Surakarta, Senin.

Kontingen Indonesia yang terdiri dari 266 orang atlet, ofisial, medis, dan tim Komite Nasional Paralimpiade (NPC) Indonesia menggunakan pesawat carter dari Garuda Indonesia Airbus A330-300 yang lepas landas dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

Pesawat kontingen Indonesia berangkat pada pukul 09.00 WIB yang akan menempuh perjalanan kurang lebih tujuh jam, dan diperkirakan tiba di Hangzhou sekira pukul 16.00 WIB.

Baca juga: NPC luncurkan seragam Tim Indonesia di Asian Para Games 2022

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan persiapan kontingen Indonesia sudah mencapai 100 persen untuk berjuang dalam Asian Para Games Hangzhou 2022.

"Persiapan sudah 100 persen sudah melalui fase tampering dan kita harapkan nanti ketika tiba di Hangzhou para atlet dapat melakukan latihan ringan, sehingga ketika pertandingan bisa memberikan performa terbaik," kata Rima dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Rima berharap latihan yang telah dijalani para atlet selama satu tahun ke belakang mampu meraih target 10 besar yang ditetapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Baca juga: NPC Indonesia targetkan rebut 19 emas di APG 2023 Hangzhou China

Sementara itu, semangat yang berkobar juga dibawa oleh atlet angkat berat Abdul Hadi. Meski ditargetkan meraih medali perunggu, Abdul berharap dapat melampaui harapan tersebut.

"Pelatih menargetkan perunggu, tapi tetap berusaha bagaimana target itu bisa melesat ke atas. Pokoknya jangan menyerah, karena kita adalah kebanggaan bangsa Indonesia dan keluarga," ucapnya.

Sebanyak 130 atlet Kontingen Indonesia akan mengikuti 12 cabang olahraga pada Asian Para Games Hangzhou 2022. Kontingen Indonesia ditargetkan mampu meraih posisi 10 besar perolehan medali dalam gelaran pesta olahraga penyandang disabilitas Asian Para Games Hangzhou 2022. Rincian targetnya adalah 19 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.

Baca juga: Timnas Boccia Indonesia semakin percaya diri hadapi APG 2023
Baca juga: Jokowi berikan bonus Rp309 miliar bagi atlet ASEAN Para Games XI

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023