Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta mendapatkan pemain berdarah Indonesia-Filipina yakni Karl Patrick Gloria Utiarahman yang sebelumnya berstatus sebagai pemain RANS PIK Basketball.

Karl Patrick yang merupakan penduduk asal Kota Bitung tersebut sebelumnya memang berstatus pemain RANS PIK Basketball, tetapi dia lebih sering menghabiskan musim regulernya dengan bermain bersama tim Indonesia Patriots besutan Perbasi.

Mengutip laman resmi IBL di Jakarta, Senin, Karl lahir dan besar di Filipina selama 19 tahun. Ibunya penduduk asli Bitung, sedangkan ayahnya berdarah Filipina. Karl sama seperti Fernando Manansang  namanya melambung saat masih berkompetisi di DBL Indonesia.

Karl pindah dan mengurus kependudukan di kota Bitung pada tahun 2022. Sementara itu, dia dipanggil oleh Coach Milos Pejic yang menangani Indonesia Patriots pada musim 2023. Akan tetapi, Karl tetap tercatat sebagai pemain RANS PIK Basketball.

Tim Indonesia Patriots merupakan klub besutan PP Perbasi yang ikut berkompetisi di ajang liga bola basket Tanah Air Indonesia Basketball League (IBL). Indonesia Patriots dibentuk untuk merekrut pemain-pemain muda berbakat yang berpotensi  memperkuat Timnas Basket Indonesia.

Meskipun bersaing di papan klasemen bersama 15 klub IBL lainnya, Indonesia Patriots tidak akan mengikuti babak playoff IBL untuk memperebutkan titel juara.

Selama membela Patriots dalam 30 pertandingan, Karl mampu mencetak 6,5 poin per gim, 3,6 rebound per gim, dan 1,5 assist per gim dengan menit bermain 24,6 menit per gim.

Karena sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati, bahwa Patriots tidak akan tampil di babak playoff, maka Karl kembali ke RANS saat musim reguler usai. Dia membantu RANS dalam tiga laga pertandingan babak playoff dengan catatan 4,3 ppg, dan 2,7 rpg selama 11,7 menit per gim.

Menambahkan Karl memang tidak akan berdampak langsung pada skuad Satria Muda. Karena komposisi tim SM sudah lengkap. Namun penting untuk Satria Muda menyiapkan regenerasi. Seperti diketahui, bahwa Satria Muda selalu menyiapkan pemain-pemain muda yang potensial, sebelum para pemain senior meninggalkan tim tersebut.


Baca juga: Banyak pemain baru, Kaleb yakin Dewa United punya kans juara IBL 2024
Baca juga: Kapten Mountain Gold Timika pindah ke Tangerang Hawks
Baca juga: Sandy Febiansyakh tak lagi bela Bali United
Baca juga: IBL musim 2024 dijadwalkan tip-off pada Januari

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023