Gelar ini merupakan kehormatan sekaligus amanah bagi saya untuk dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi di Sultra, 'Bumi Anoa' yang kita cintai bersama ini
Kendari (ANTARA) - Penjabat atau Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto menerima gelar adat Kesultanan Buton "Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara" di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau oleh Sultan Buton ke-40, sekaligus juga pemimpin lembaga adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa. Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto melalui keterangan resminya, Selasa, menyampaikan rasa terima kasih kepada Kesultanan Buton dan seluruh masyarakat Buton.

Baca juga: Mendes PDTT dapat gelar profesor kehormatan dari Unesa

“Gelar ini merupakan kehormatan sekaligus amanah bagi saya untuk dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi di Sultra, 'Bumi Anoa' yang kita cintai bersama ini,” kata Andap.

Sementara itu, Sultan Buton ke-40 La Ode Muhammad Izat Manarfa mengungkapkan bahwa gelar "Mia Ogena" tersebut memiliki arti, yaitu seorang pemimpin yang profesional, memiliki pandangan jauh ke depan atau visioner, karismatik, pengayom, jujur, amanah, fatanah, tablig, beriman, dan bertakwa kepada Allah Swt.

Kemudian, lanjut Sultan Buton ke-40 itu, “Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara” tersebut bermakna batasan wilayah atau ruang lingkup kerja yang menjadi tanggung jawab dalam mengelola dan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di Sultra.

“Pj Gubernur Sultra memiliki kinerja dan prestasi sebagai pimpinan yang profesional, visioner, jujur, dan amanah dalam mengelola sumber daya untuk kesejahteraan masyarakat di Sultra,” sebut La Ode Izat.

Baca juga: Jokowi: Iriana terima tanda kehormatan atas pertimbangan Dewan Gelar

Dia berharap, dengan penganugerahan gelar kesultanan kepada Pj Gubernur Sultra tersebut dapat membuat daerah kesultanan, khususnya Kota Baubau untuk semakin maju, sejahtera, dan berbudaya.

“Selama masa kepemimpinan Andap, ia telah menunjukkan prestasi bagi Pemerintahan Sultra termasuk bagi kemajuan budaya Buton,” tambahnya.

Penganugerahan Kesultanan Buton terhadap Pj Gubernur Sultra Andap tersebut dihadiri oleh perangkat kesultanan Buton, jajaran pemerintah serta Forum Koodrinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Baubau, dan Kabupaten Buton. Turut hadir pula para Bupati dari Buton Selatan, Buton Tengah, Muna Barat, dan Wakatobi.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin terima gelar adat Kesultanan Tidore

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023