Padang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Haris Sukamto, melantik 15 kepala Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara yang baru pada Selasa (17/10).

"Kami minta para lepala Lapas atau Rutan yang baru dilantik agar menjaga profesionalisme serta integritas dalam bertugas," kata Sukamto usai pelantikan di Padang, Sumatera Barat, Selasa.

Ia mengatakan sebagai pimpinan para kepala Lapas serta Rutan harus mampu menyelenggarakan pembimbingan yang berkualitas kepada warga binaan pemasyarakatan baik itu narapidana maupun tahanan.

Baca juga: LP Ampana gencarkan deteksi dini cegah gangguan kamtib

Dengan memberikan penyadaran serta meningkatkan kualitas ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, budi pekerti, pendidikan formal, psikoterapi, kesejahteraan, dan lainnya.

Para pimpinan Lapas atau Rutan yang umumnya disebut sebagai penjara juga diminta memperbanyak program peningkatan keterampilan bagi para warga binaan pemasyarakatan.

Ia mengatakan 15 kepala Lapas atau Rutan yang baru dilantik itu berdasarkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM,  Yasonna Laoly.

Baca juga: LP Tulungagung gagalkan penyeludupan sabu dalam penganan bakso

Mereka adalah Marten yang dilantik sebagai Kalapas Padang, Herdianto sebagai Kalapas Bukittinggi, Muhammad Ali sebagai Kalapas Lubuk Basung, Ahmad Junaidi Sebagai Kalapas Muara Sijunjung, dan Rio Mulyadi Sitorus sebagai Kalapas Solok.

Selanjutnya Azhar sebagai Kalapas Tanjung Pati, Kusnan sebagai Kalapas Terbuka Kelas II B Pasaman, Sahduriman sebagai Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Payakumbuh, Mathrios Zulhidayat Hutasoit sebagai Kalapas Alahan Panjang, dan Supar sebagai Kalapas Talu.

Baca juga: LP Manado rehabilitasi sosial 20 narapidana narkotika

Berikutnya adalah Elfiandi sebagai Karutan Batusangkar, Zulhendri sebagai Karutan Muara Labuh, Welli sebagai Karutan Padang, Sarwono sebagai Karutan Painan, dan Dedi Agus Setiawan sebagai Karutan Sawahlunto.

Total terdapat puluhan pegawai yang dilantik, di antaranya adalah Kepala Balai Pemasyarakatan Padang yang dijabat M Akhyar, dan Kepala Bapas Bukittinggi yang dijabat Novri Abbas.

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023