Stunting itu bisa dicegah mulai dari keluarga, karena kita tidak boleh meninggalkan generasi yang lemah
Purwakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan mengajak masyarakat untuk ikut mencegah stunting dengan membangun keluarga yang berkualitas.

"Stunting itu bisa dicegah mulai dari keluarga, karena kita tidak boleh meninggalkan generasi yang lemah,” kata Netty dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta, Jawa Barat, Selasa.

Ia menyebutkan saat ini kasus stunting di Indonesia masih cukup tinggi mencapai angka 21 persen. Jika kasus stunting tinggi, maka akan menghasilkan generasi yang lemah, sumber daya manusia rendah, dan nanti tidak bisa bersaing dengan yang lain, apalagi tenaga asing.

Namun hal tersebut bisa dicegah, kata dia, salah satunya mulai dari keluarga.

Netty mengatakan keluarga sangat penting karena segalanya berawal dari keluarga. Karena itu, lanjutnya, jangan pernah memberikan contoh yang tidak baik di lingkungan keluarga, karena apapun contoh yang diberikan keluarga akan ditiru oleh anak-anak mereka.

Baca juga: Kepala BKKBN sebut peran istri bangun keluarga kunci cegah stunting

Ia menyampaikan ada empat syarat untuk membangun keluarga yang berkualitas. Pertama, niat dan tujuannya harus jelas, visioner. Tanpa tujuan yang jelas, kata dia, nanti akan banyak sekali permasalahan dalam rumah tangga.

Kedua, menikah harus dengan persiapan dan perencanaan. Artinya, perlu menikah pada saat yang aman dan tepat. Untuk perempuan pada usia 21 tahun dan laki-laki pada umur 25 tahun.

“Perempuan dengan usianya minimal 21 tahun, setidaknya sudah tamat SMA atau sederajat, secara fisik termasuk organ reproduksi sudah siap dan secara emosional sudah matang. Bagi laki-laki, kalau menikah sudah 25 tahun, dia sudah punya kemandirian secara ekonomi, sudah bekerja,” katanya.

Kemudian, membangun ketahanan keluarga, yang paling baik adalah dengan landasan agama. Dengan memiliki ketahanan keluarga, hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindarkan, seperti kekerasan pada anak, KDRT, dan lainnya.

“Keempat adalah melakukan pengasuhan secara benar. Baik secara fisik, mental, maupun spiritual," katanya. 

Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat pahami stunting agar mudah dicegah
Baca juga: Anggota DPR paparkan empat rumus bangun keluarga terhindar stunting

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023