Langkat, Sumut, (ANTARA News) - Jika di tingkat nasional wacana pemilihan umum kepala daerah secara serentak masih berupa wacana maka di Langkat, Sumatera Utara, akan melaksanakannya saat pemilihan kepala desa.

Sebanyak 34 desa yang ada di kabupaten Langkat Sumatera Utara, akan melaksanakan pemilihan kepala desa secara bersamaan yang dijadwalkan 13 Juni mendatang.

"Ada 34 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa bersamaan," kata Asisten Pemrintahan Kabupaten Langkat, Abdul Karim di Stabat, Minggu.

Disampaikannya bahwa 34 desa itu berada di 18 kecamatan yang berada di Langkat, dan hanya lima kecamatan saja yang tidak melaksanakan pemilihan kepala desa.

Adapun yang melaksanakan pemilihan kepala desa yaitu Bahorok, Salapian, Kutambaru, Sirapit, Sei Bingei, Kuala, Stabat, Secanggang, Hinai, Wampu, Tanjungpura, Gebang, Babalan, Sei Lepan, Brandan Barat, Pangkalan Susu, Padang Tualang, Besitang, katanya.

Sedangkan kecamatan yang tidak melakasanakan pemilihan kepala desa adalah Selesai, Binjai, Batang Serangan, Sawit Seberang dan Pematang Jaya.

Abdul Karim berharap pemilihan kepala desa secara bersamaan ini, selain menghemat biaya, juga diharapkan dalam situasi aman, tertib dan tidak ada gejolak di berbagai tempat tersebut.

"Ini pemilihan langsung, dimana rakyat yang menetukan siapa yang berhak menjadi kepala desanya," ujarnya.

Secara terpisah Kepala Bagian Pemerintahan Masyarakayt Desa Syahruddin menjelaskan bahwa tahapan dan seleksi kepala desa yang akan ikut dalam pilkades sudah berlangsung dan ada 97 peserta lolos seleksi.

"Tahapan seleksi kepala desa sudah berjalan lancar dan aman, tinggal pelaksanaannya saja nanti di lapangan," katanya.

Syahruddin mengungkapkan bahwa hasil selsksi merupakan hasil penilaian yang objektif dan bagi yang tidak lulus agar dapat menerima hasil yang diputuskan oleh tim penilai.

Dirinya juga berharap pilkades nantinya 13 Juni mendatang dapat berjalan dalam situasi aman, kondusif, dengan menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan persatuan baik antara calon kepala desa yang akan dipilih maupun bagi masyarakat desa yang memilih.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013