Lubuk Pakam (ANTARA) - Wakil Kepala Polresta Deli Serdang, AKBP Agus Sugiyarso, menyebutkan perlu dicermati berbagai potensi kerawanan yang merupakan perhatian khusus untuk diantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu Pemilu 2024.

"Antara lain bentuk kekerasan, intimidasi, provokasi SARA, politik uang, polarisasi dalam masyarakat. Hal-hal itu dapat terjadi dalam setiap tahapan Pemilu dan harus dapat dikelola dan tangani bersama-sama secara profesional, transparan, dan akuntabel sesuai tugas dan fungsi serta peran masing-masing," katanya pada acara Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Aula Tribrata, Mapolresta Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu.

Baca juga: Bawaslu RI sebut politik uang di DIY pada posisi rawan sedang

Ia mengatakan pelaksanaan Pemilu 2024 merupakan proses pendewasaan demokrasi yang dimulai dari tahap transisi dengan melakukan pembelajaran setiap prinsip-prinsip demokrasi.

Proses tersebut dilakukan melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam demokrasi Pancasila hingga pemantapan demokrasi.

Pada tahap pemantapan demokrasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mengarahkan kepatuhan masyarakat terhadap hukum demi terselenggaranya Pemilu yang aman dan demokratis.

Baca juga: Panwaslih Aceh: Politik uang rawan terjadi saat masa tenang Pemilu

Ia bilang, berdasarkan UUD 1945, mengingat arti penting dan strategis Pemilu dalam pembangunan negara, maka semua pihak berkewajiban untuk berperan dalam menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Untuk itu, perlu dilakukan kerjasama yang baik, mengerahkan sumber daya yang ada dan memperkokoh sinergitas antara pemerintah daerah, DPRD, penyelenggara Pemilu, TNI/Polri, dan unsur terkait lainnya, agar pesta demokrasi 2024 nantinya bisa berlangsung aman jujur, adil, dan demokrasi yang baik bisa terwujud.

Baca juga: Bawaslu sebut Maluku masuk kategori sedang kerawanan Pemilu 2024

Ia juga menggarisbawahi, pentingnya komitmen bersama dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai dengan menjunjung tinggi martabat bangsa dan negara serta menaati persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

"Kami sangat berharap dapat menyampaikan kepada semua pihak untuk memiliki semangat persatuan dan persaudaraan guna mewujudkan Pemilu tahun 2024 yang aman dan damai, khususnya di wilayah Kabupaten Deli Serdang yang kita cintai," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023