Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Corporate University diterapkan guna meningkatkan kompetensi dan kapasitas aparatur sipil negara di lingkungan kementerian dalam upaya mewujudkan transformasi sistem kesehatan.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyampaikan bahwa Kemenkes Corporate University dijalankan untuk membantu meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara (ASN), termasuk kompetensi non-teknis seperti kemampuan negosiasi, komunikasi, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan.

"Kemenkes Corporate University juga akan terintegrasi dengan sistem manajemen talenta, dengan menggabungkan unsur pembelajaran mandiri, pembelajaran berbasis pengalaman, penggunaan teknologi, dan kurikulum modern," katanya sebagaimana dikutip dalam keterangan pers kementerian di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, kurikulum Kemenkes Corporate University mencakup sembilan topik pembelajaran, 39 modul, 278 jam belajar, dan 16 plus tiga hari kehadiran dengan durasi delapan jam. Waktu pembelajarannya total 34 hari.

Metode pembelajaran Kemenkes Corporate University sebagian besar dilaksanakan dengan pendekatan non-classical, berupa proses mentoring dan experiential learning.

Kunta menerangkan bahwa pengembangan Kemenkes Corporate University dilakukan sejak awal 2023, mulai dari pengembangan kurikulum, penjenamaan, persiapan kampus, pengembangan kapasitas pengajar, serta pembandingan dengan tiga sekolah bisnis terkemuka di Indonesia.

Penerapan pendekatan pengembangan kurikulum sekolah bisnis didasarkan pada kenyataan bahwa pendekatan pembelajaran di sekolah bisnis berorientasi pada hasil.

"Dengan demikian dapat melengkapi keterampilan para ASN Kemenkes yang selama ini cenderung berorientasi pada proses," kata Kunta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan bahwa transformasi budaya kerja perlu dilakukan untuk memastikan ASN di lingkungan Kemenkes merupakan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh, berkualitas, kompeten, dan unggul.

"Saya berharap bahwa setiap ASN Kemenkes adalah pembelajar, dan Kemenkes menjadi fasilitas sekolah kita untuk terus berkembang serta senantiasa meningkatkan kapasitas dan kompetensi," katanya.

Baca juga:
Kementerian ATR/BPN luncurkan Corporate University
Menaker luncurkan Kemnaker CorpU untuk pengembangan SDM

 

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023