Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), mengajak wirausaha muda mengoptimalkan era digitalisasi, dalam Seminar Wirausaha Muda, Mini Expo UMKM & Mahasiswa yang bertajuk "Ministerial Lecture Entrepreneur HUB" di Makassar, Kamis.

Acara yang dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki ini menjadi platform bagi mahasiswa dan pengusaha muda untuk memajukan usaha mereka.

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc., dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan harapannya terhadap lahirnya generasi wirausaha muda yang berkembang pesat.

Dirinya menegaskan peran penting Unhas sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kewirausahaan. Transformasi digital menjadi salah satu aspek kunci dalam mendukung perjalanan menuju kewirausahaan yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

Baca juga: Menteri Koperasi tantang Unhas wujudkan satu juta wirausaha baru

Baca juga: Unhas-Unesa perkuat strategi pencapain IKU PTNBH


Digitalisasi, yang telah menjadi landasan penting dalam pemasaran produk inovatif, merupakan fokus utama dalam seminar ini. Acara tersebut menjadi forum bagi para peserta untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep digital dalam mempromosikan dan menjual produk inovatif mereka.

Transformasi digital telah membuka berbagai peluang bagi UMKM dan mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi guna mencapai pasar yang lebih luas dan berpotensi.

"Di Unhas telah dilengkapi dengan fasilitas Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Science Techno Park (STP), sehingga ini dapat menjadi ruang bagi mahasiswa dalam mengembangkan produk inovasi mereka. Diharapkan dapat membantu transformasi Unhas dalam memperkuat wirausaha di Sulsel ke depan," kata Prof JJ.

Selain itu, diharapkan ke depan kerja sama antara Kemenkop UKM dan Unhas juga dapat menciptakan jejaring yang kuat antara pemerintah, perguruan tinggi, dan pelaku usaha, memungkinkan transfer pengetahuan dan sumber daya yang saling mendukung.

Dengan semangat kewirausahaan dan pemahaman akan pentingnya digitalisasi, para peserta diharapkan dapat menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam pengembangan usaha mereka sendiri.

MenkopUKM Teten Masduki menjelaskan mengenai peluang bisnis yang terbuka lebar dalam pemanfaatan pendekatan teknologi memiliki potensi untuk menciptakan lapangan kerja yang berkualitas.

Semakin banyak wirausaha muda yang mampu memanfaatkan platform digital, semakin besar pula kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan pekerjaan.*

Baca juga: Pakar Gizi paparkan enam poin penting saat evaluasi penurunan stunting

Baca juga: Satgas PPKS Unhas FGD gelar penyusunan peraturan kekerasan seksual 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023