Keberagaman yang ada di Sumut tidak dipandang sebagai sumber perbedaan
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin berharap kegiatan Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara yang digagas Jam’iyah Muslim Batak Indonesia (JMBI) dapat meningkatkan toleransi di wilayah ini, terkhusus menjelang Pemilu 2024.

"Keberagaman yang ada di Sumut tidak dipandang sebagai sumber perbedaan. Tetapi sebagai energi pemersatu kehidupan yang harmonis dalam keberagaman," ujar Hassanudin saat menghadiri acara Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara, di Kabupaten Deli Serdang, Kamis.

Hasanudin meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga keharmonisan yang telah terjalin sejak lama di wilayah ini.

Menurutnya, menjaga keharmonisan ini dapat dilakukan dengan cara saling menghargai, saling membantu, saling mencintai dan saling mengasihi antarsesama anak bangsa.

“Marilah kita senantiasa merawat, mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Besar ini, dengan cara saling menghormati, menghargai, saling bantu dan saling mencintai,” kata Hassanudin.

Baca juga: Wapres didampingi wali kota hadiri Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara
Baca juga: Wapres dan JMBI bacakan ikrar keberagaman jelang Pemilu 2024


Kegiatan Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara yang digelar di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Jam’iyah Muslim Batak Indonesia dan tokoh lintas agama membacakan ikrar keberagaman nusantara menjelang Pemilu 2024.

Ma'ruf Amin menilai keberagaman perlu dirawat dan dirajut agar tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah menjelang kontes politik di tahun 2024.

"Ikrar ini menjadi sangat penting dan relevan karena dilakukan pada saat yang tepat, yaitu saat hari pertama pendaftaran capres dan cawapres untuk memilih presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang akan datang," kata Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada ikrar Merajut Keberagaman Nusantara.

Menurut Ma'ruf, pembacaan ikrar yang dilandasi dengan semangat dalihan na tolu dari Sumatra Utara diharapkan mampu membawakan pesan Islam yang damai, ramah, dan bisa menyejahterakan umat.

"Bahwa setiap daerah di Indonesia, termasuk di Sumatra Utara, mempunyai spirit dan nilai-nilai luhur yang melekat dalam kehidupan masyarakat secara turun temurun," kata Ma'ruf Amin.

Baca juga: Pengurus parpol di Tasikmalaya berikrar jaga pemilu damai
Baca juga: Wapres tekankan pentingnya pendukung capres wujudkan Pemilu damai
Baca juga: Wamenkominfo ajak semua pihak antisipasi kekacauan informasi Pemilu

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023