Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menyampaikan bahwa peraih gelar juara JAPFA Chess Festival 2023 akan dikirim ke kejuaraan catur tingkat Asia Tenggara atau ASEAN yang akan berlangsung di Laos tahun depan.

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto di Jakarta, Minggu, mengatakan pecatur yang bakal dikirim ke kejuaraan tingkat ASEAN mewakili Indonesia nantinya adalah mereka yang telah meraih juara di JAPFA Chess Festival 2023 dalam kategori kelompok umur 10 tahun, 14 tahun dan 18 tahun.

“Selaku Ketua Umum PB Percasi kami mengambil inisiatif mengumumkan untuk juara kelompok umur 10, 14, 18 putra-putri kita akan dikirim ke kejuaraan kelompok umur ASEAN di Laos,” kata Utut di sela penutupan kejuaraan catur tersebut.

Meski begitu, dia menyampaikan bahwa juara-juara dari tiga kategori kelompok umur tersebut, masih akan dilakukan penyaringan, sebab yang akan dikirim nantinya pada Juli 2024 hanya sebanyak enam orang dengan rincian tiga pecatur putra dan tiga pecatur putri.

“Kegiatannya nanti di Vientiane Laos pada Juli 2024. Jadi kita akan kirim dari sini enam pemain tiga putra dan tiga putri,” kata dia.

Kelompok umur 10 tahun Juara JAPFA Chess Festival 2023 berpose bersama panitia seusai mendapat hadiah dan piala di Jakarta, Minggu (22/10/2023). ANTARA/Harianto
 

Menurut Utut, dikirimnya para peraih juara ke ajang internasional adalah bentuk keseriusan PB Percasi untuk melakukan regenerasi dan pembinaan atlet catur di tanah air.

Utut menambahkan bahwa PB Percasi akan selalu berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan para pecatur di Indonesia, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dalam olahraga catur di tanah air.

“Percasi tidak pernah berkecil hati, kita tetap datangkan pelatih dari Rusia dan Belarus, kita tetap kirim pemain, kita lakukan evaluasi hasil pertandingan, dan kita tetap melakukan pembinaan latihan yang berjenjang,” kata mantan pecatur terbaik Indonesia itu.

JAPFA Chess Festival ke-13 yang merupakan hasil kerja sama PB Percasi dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berlangsung 18-22 Oktober diikuti sebanyak 472 peserta saat ini telah ditutup.

Ada 13 kategori yang dipertandingkan mulai dari junior putra-putri, veteran 55 tahun ke atas, nonmaster, antara perusahaan dan instansi.


Baca juga: Dewi Citra juara dwitarung JAPFA Chess Festival ke-13
Baca juga: Dewi Citra di ambang juara dwitarung JAPFA Chess Festival ke-13
Baca juga: Para catur Indonesia bertekad pertahankan gelar juara di APG Hangzhou
Baca juga: Kemenpora harap JAPFA Chess Festival 2023 lahirkan pecatur andal


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023