Kami maksimalkan semua sarana dan bantuan dari berbagai pihak. Kebutuhan air sangat besar untuk proses pemadaman ini
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan membuat penampungan air di sisi selatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing sebagai sumber air untuk membantu petugas yang sedang melakukan pemadaman agar lebih cepat.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa, mengatakan telah menginstruksikan kepada Dinas PUPR untuk melakukan pengerukan dan pengisian air.

"Tujuannya agar memiliki tandon air tambahan di selatan Pintu 2 sehingga ketika muncul api lagi proses pemadaman lebih cepat," kata Wali Kota Arief di TPA Rawa Kucing.

Tak hanya itu, ia juga sudah meminta kepada camat untuk melakukan koordinasi dengan pihak berwenang agar Dinas PUPR bisa segera membuat tandon. "Intinya untuk menambah suplai air bagi kendaraan pemadam," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang siapkan drone thermal atasi kebakaran TPA Rawakucing

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan telah menerjunkan 22 truk tangki bidang pertamanan untuk mensuplai kebutuhan air bagi mobil pemadam.

Ia menuturkan truk tangki tersebut mengambil air dari PDAM Tirta Benteng dan Sungai Cisadane yang kemudian disalurkan ke mobil pemadam kebakaran. "Kami fungsikan sementara, tetapi penyemprotan taman tetap kami lakukan. Kami atur jadwal personel," ujarnya.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan sebanyak 59 truk tangki terdata membantu dalam penanganan kebakaran di TPA Rawa Kucing.

"Kami maksimalkan semua sarana dan bantuan dari berbagai pihak. Kebutuhan air sangat besar untuk proses pemadaman ini," katanya.

Baca juga: BPBD target pemadaman di TPA Rawakucing selesai tiga hingga lima hari
Baca juga: BPBD catat sejumlah kendaraan terbakar di TPA Rawa Kucing

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023