kehadiran mahasiswa dalam program MBKM ini diharapkan dapat memberikan transfer keilmuan
Jambi (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi (Unja) melakukan kegiatan di lahan Hutan Tanaman Industri milik PT Wirakarya Sakti yang berlokasi di Dusun Kampung Baru, Sei. Tapah, Desa Kuala Dasal, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi.

Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  ini dilaksanakan 24 Oktober hingga 23 November 2023 dengan tema “Forestry Summer Camp” dan beberapa hari lalu telah dilakukan penyerahan mahasiswa jurusan Kehutanan dari Unja kepada PT WKS yang dilaksanakan oleh Lektor Program Studi Kehutanan, Bidang Peminatan Silvikultur, Rike Puspitasari Tamin di kantor BPPM Sei Tapah, kata Kepala Kantor BPPM Sei Tapah, Siswantoro, Kamis.

Dengan kehadiran mahasiswa dalam program MBKM ini diharapkan dapat memberikan transfer keilmuan yang baik dari PT WKS kepada para mahasiswa ataupun sebaliknya, ilmu pertanian yang diperoleh dari bangku kuliah dapat disalurkan kepada petugas di lapangan khususnya lahan HTI.

Mahasiswa diharapkan memperoleh berbagai ilmu melalui kegiatan yang ada di PT WKS diantaranya terkait dengan teknik perbanyakan tanaman, manajemen pengendalian kebakaran lahan, pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, pengelolaan konflik sumber daya hutan dan keilmuan lainnya.

Di tempat yang sama, Lektor Program Studi Kehutanan, Bidang Peminatan Silvikultur, Rike Puspitasari Tamin menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan karena telah menerima dan menyediakan fasilitas kepada mahasiswa untuk dapat belajar dan mengamati secara langsung business process perusahaan dalam bidang Hutan Tanaman Industri.

"Kami berharapkan mahasiswa dapat lebih memahami kebutuhan dan tuntutan dunia kerja sehingga meningkatkan peluang kesempatan kerja dan daya saing bagi mahasiswa tersebut setelah lulus dari Universitas," katanya.
Baca juga: Unja bangun industri kopi liberika di Tanjung Jabung Timur
Baca juga: Unja jalin kerja sama magang dengan FIG DIRECT Sdn Bhd Malaysia
Baca juga: Ratusan mahasiswa Unja ikut Program Inovasi Desa 2023

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023