Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) akan mengirim tiga atlet terbaik Tanah Air untuk mengikuti kualifkasi Olimpiade di China pada Maret 2024.

“Kita kirim tiga atlet terbaik di babak kualifikasi Olimpiade di tingkat Asia tersebut,” kata Sekretaris Jenderal PBTI Brigjen TNI Robert Ndona di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan dua dari tiga atlet yang akan dikirim merupakan atlet pelatnas yang sudah dipersiapkan sejak jauh hari, sedangkan satu atlet lainnya dipantau dari ajang babak kualifikasi PON yang digelar di Cibubur, Jakarta Timur pada akhir pekan ini.

Dua atlet pelatnas tersebut adalah peraih emas SEA Games Kamboja 2023 Megawati Tamestri Maheswari dan peraih medali perak Ni Kadek Heni Prikasih.

“Keduanya tidak mengikuti BK PON tapi langsung berlaga di PON Aceh Sumut. Dalam waktu dekat keduanya akan mengikuti kejuaraan Asia di Pakistan," kata Robert.

Menurut dia kejuaraan itu diikuti untuk meningkatkan ranking atlet-atlet taekwondo Indonesia sehingga dalam Pra Olimpiade nanti mereka dapat posisi yang lebih bagus.

“Kedua atlet ini sudah memiliki peringkat yang bagus dan ini yang akan kita jaga bersama,” kata dia.

Baca juga: 512 atlet taekwondo perebutkan 218 tiket lolos ke PON Aceh-Sumut

Menurut dia untuk atlet ketiga pihaknya akan melihat di ajang BK PON yang digelar di GOR POPKI 27-30 Oktober 2023.

“Kita akan cari atlet pria untuk melengkapi tiga nama yang akan kita kirimkan ini,” kata dia.

Pemilihan atlet untuk kualifikasi Olimpiade, Robert mengatakan PBTI berkaca pada hasil kontingen taekwondo Indonesia pada  Asian Games 2022.

“Kami sudah evaluasi dan melihat potensi yang ada sehingga menjadi lompatan untuk event mendatang,” katanya, meskipun taekwondo belum mampu menyumbang medali untuk Indonesia di Hangzhou.

Menurut Robert beragam ajang multi-cabang internasional akan diikuti dalam beberapa tahun ke depan mulai Olimpiade 2024, SEA Games 2025 di Thailand, Asian Games 2026 di Jepang, hingga Olimpiade 2028 di Los Angeles.

“Ini yang coba kami pengurus melakukan persiapan atlet agar mampu berprestasi di tingkat internasional,” kata dia.

Baca juga: Babak kualifikasi taekwondo untuk PON 2024 mulai digelar Jumat

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023