Bangunan yang terbakar adalah gedung D berlantai tiga dan berisi enam instansi yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Dinas Pertanian dan Holtikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Perikanan, serta Dinas Pariwisata dan Dinas Ketah
Jayapura (ANTARA) - Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen mengatakan penyidik akan menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di kawasan perkantoran Pemda Jayapura di Gunung Merah Sentani, Minggu pagi.

Bangunan yang terbakar adalah gedung D berlantai tiga dan berisi enam instansi yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Dinas Pertanian dan Holtikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Perikanan, serta Dinas Pariwisata dan Dinas Ketahanan Pangan .

"Kebakaran berawal dari salah satu ruang di lantai tiga, " kata Kapolres Jayapura Akbp Fredrickus Maclarimboen  di Sentani, Jayapura, Papua, Minggu.

Dia menjelaskan sebelum terbakarnya gedung berlantai tiga, sempat terjadi kebakaran di gedung A di depan ruang panel namun petugas berhasil memadamkan.

Baca juga: Polres Jayapura periksa sembilan saksi kebakaran Kantor Kemenag

Baca juga: Polres minta bantuan Labfor Polda Papua ungkap kebakaran kantor KPUD


Ketika ditanya apakah insiden itu akibat dibakar, Kapolres Jayapura mengakui pihaknya menduga adanya indikasi itu, namun untuk memastikan tunggu hasil penyelidikan yang akan melibatkan Labfor Polda Papua sekaligus olah tempat kejadian perkara (TKP).

Tim akan melakukan olah TKP dan pihaknya belum dapat memastikan berapa besar kerugian akibat kebakaran tersebut, kata Kapolres

Kebakaran bangunan milik Pemda Jayapura merupakan yang ketiga kalinya dalam tahun ini, sebelumnya juga terbakar Kantor Arsip dan Kantor KPU.

"Aparat Polres sudah meningkatkan pengamanan di kawasan perkantoran Pemda Jayapura di Gunung Merah Sentani, namun dengan adanya insiden ini maka akan dibahas kembali terkait penjagaan keamanan agar tidak terulang kembali, " kata AKBP Fredrickus.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023