Sentani (ANTARA) - Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen mengatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan patroli dan razia untuk menekan tindak kejahatan di daerah itu.
 
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani, Rabu, mengatakan pihaknya telah melaksanakan sebanyak 577 kegiatan pengawalan, patroli dan pengaturan lalu lintas sampai Maret 2024, sedang tahun lalu hanya ada 128 kegiatan.

 “Ada dua agenda besar. yakni pemilu dan pilkada sehingga membuat kegiatan kepolisian bertambah guna mendukung suksesnya agenda nasional ini di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Kapolres, untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) maka pihaknya memperkuat pengamanan di 139 kampung dan lima kelurahan.

“Selain itu, anggota Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) pun sangat membantu dalam mendukung terciptanya kamtibmas karena merupakan ujung tombak kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan patroli juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengamanan di jalan raya dengan melakukan razia kendaraan roda dua dan roda empat.

Pengendara tidak menggunakan helm, tidak memiliki kelengkapan kendaraan, berboncengan lebih dari satu orang dan berkendara dalam pengaruh minuman beralkohol juga menjadi sasaran patroli itu.

“Semua ini dilakukan selain memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat, juga untuk menjaring kendaraan-kendaraan hasil curian yang kerap kali terjadi di Polres Jayapura maupun Polresta Jayapura Kota,” katanya.

Dia menambahkan apa yang dilakukan aparat keamanan itu hanya sebagai sarana, tetapi yang terpenting ialah dukungan langsung dari masyarakat dalam menciptakan kamtibmas yang aman dan nyaman.

“Seluruh komponen masyarakat baik adat, pemuda, paguyuban Nusantara harus mendukung kami (polisi) dalam menjaga kondisi keamanan di Kabupaten Jayapura supaya aktivitas apapun dapat berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024