"Beberapa faktor utama yang menyebabkan kecelakaan antara lain kelebihan kecepatan, kelelahan, dan perilaku melawan aturan lalu lintas. Sebanyak 10 orang mengalami luka berat dan 8 orang luka ringan, sementara kerugian material mencapai Rp23.500.000,
Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura mengharapkan masyarakat di daerah ini lebih berhati-hati dalam berkendara di jalan raya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Dari data Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura selama operasi keselamatan cartenz 2024 yang digelar sejak 4-17 Maret 2024 tercatat 10 kecelakaan lalu lintas, meningkat lebih tinggi dari operasi serupa pada tahun lalu.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen dalam rilisnya di Sentani, Rabu mengatakan dalam kurun waktu operasi mulai pukul 09.00 WIT hingga 18.00 WIT tercatat 10 kecelakaan lalu lintas, meningkat dari 5 kecelakaan pada tahun sebelumnya.

"Beberapa faktor utama yang menyebabkan kecelakaan antara lain kelebihan kecepatan, kelelahan, dan perilaku melawan aturan lalu lintas. Sebanyak 10 orang mengalami luka berat dan 8 orang luka ringan, sementara kerugian material mencapai Rp23.500.000,” katanya.

Menurut kapolres, pelaku kecelakaan didominasi oleh pelajar, yang menandakan perlunya sosialisasi yang lebih intensif terhadap keselamatan berlalu lintas di kalangan pelajar.

"Dalam penegakan hukum, polisi memberikan 610 teguran dan melakukan 18 tindakan tilang serta mengutamakan pendekatan pencegahan dengan memberikan teguran serta penindakan bagi pelanggar," ujarnya.

Dia menjelaskan dari tujuh program prioritas, pelanggaran terbesar adalah tidak menggunakan helm dengan jumlah mencapai 494 kasus, selain itu, terdapat 46 kasus pengemudi dalam pengaruh alkohol dan menggunakan ponsel saat berkendara, serta 37 kasus membonceng lebih dari satu orang.

"Kami mengimbau kepada pengendara sepeda motor untuk mematuhi aturan keselamatan, termasuk penggunaan helm yang bukan hanya untuk gaya tetapi juga untuk keselamatan pribadi,” katanya.

Dia menambahkan tahun ini kegiatan pengawalan, patroli dan pengaturan lalu lintas mengalami peningkatan signifikan, dengan total 577 kegiatan dilakukan dibandingkan dengan 128 kegiatan pada tahun lalu.

“Hal ini menunjukkan komitmen Polres Jayapura dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat atau pengendara roda dua maupun roda empat di jalan raya,” ujarnya.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024