Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat menggandeng Dai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah tersebut untuk menjaga kondusivitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M. Syahduddi di Jakarta, Rabu menyebutkan, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Dai Kamtibmas pada Selasa (31/10) sebagai upaya untuk menciptakan iklim dalam mengelola dinamika kamtibmas di masyarakat.

"Tujuan utamanya adalah menjaga keamanan, perdamaian dan kondusivitas wilayah saat menghadapi periode kontestasi politik dalam Pemilu 2024," kata Syahduddi.

Kegiatan tersebut, kata Syahduddi, diikuti oleh 45 Dai Kamtibmas yang berasal dari berbagai wilayah di Jakarta Barat (Jakbar).

Menurut Syahduddi, pertemuan tersebut juga merupakan imbauan bahwa memasuki tahun politik, masyarakat perlu mengantisipasi isu-isu sensitif terkait suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

"Masuknya tahun politik, masyarakat perlu mengantisipasi isu-isu sensitif terkait SARA," kata Syahduddi.

Baca juga: Jakarta Barat tekankan peran tokoh masyarakat kawal Pemilu 2024
Baca juga: Jelang Pemilu 2024, FKDM Jakarta Barat diimbau netral


Selain itu, kata Syahduddi, perlu juga diantisipasi ujaran kebencian, provokatif serta penyebaran berita palsu (hoax) yang dapat memecah-belah warga.

"Saya menekankan agar masyarakat tidak terpolarisasi meskipun memiliki perbedaan pilihan politik," kata Syahduddi.

Prioritas yang utama, kata dia, adalah menjaga persatuan, kesatuan, kebersamaan dan solidaritas di antara sesama warga Jakarta Barat. Hal itu merupakan fondasi penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah.

"Dengan demikian, Jakarta Barat dapat menghadapi Pemilu 2024 dengan tenang, aman dan harmonis, tanpa terpengaruh oleh gesekan politik yang bisa mengganggu ketentraman masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023