Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah kabupaten sekawasan Danau Toba dalam menyambut kejuaraan dunia jetski atau Aquabike Jetski World Championship Lake Toba yang akan diselenggarakan pada 23-26 November 2023.

"Koordinasi dengan kabupaten sekawasan Danau Toba terus dilakukan agar persiapan di daerah bisa benar-benar maksimal, sehingga perhelatan akbar ini berjalan sukses dan lancar," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho seusai rapat persiapan Aquabike World Championship, di Medan, Sabtu.

Arief mengatakan dalam menyambut persiapan kejuaraan tingkat dunia ini, seluruh organisasi perangkat daerah Pemprov Sumut bergerak cepat melakukan koordinasi dengan pemangku kebijakan terkait untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan.

"Untuk kesiapan, rata-rata bidang yang diawaki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut juga sudah dikoordinasikan, OPD kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyiapkan sejumlah fasilitas, seperti fasilitas kesehatan, listrik, akomodasi, jaringan internet, toilet dan rumah mandi, serta kebutuhan air bersih dan lainnya," katanya.

Menurutnya, kejuaraan jetksi itu dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan Danau Toba kepada dunia internasional karena akan diikuti ratusan pembalap dari 22 negara.

"Pembalapnya ada seratus lebih, asalnya dari kurang lebih 22 negara, tentunya ajang ini akan menjadi ajang promosi bagi Danau Toba juga sebagai destinasi sport tourism," sebutnya.

Selain itu, ia mengatakan masyarakat akan mendapatkan dampak positif apabila kejuaraan jetksi dunia itu sukses diselenggarakan di Sumut.

"Suksesnya kegiatan tersebut, masyarakat akan merasakan dampak positif seperti pada F1 Powerboat di Balige lalu, perputaran uang yang terjadi selama perlombaan mencapai Rp 1,6 triliun dengan jumlah pengunjung sebesar 25 ribu orang," katanya.

Untuk itu, Arief mengajak seluruh pemangku kebijakan terkait untuk terus meningkatkan koordinasi agar Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 yang diselenggarakan di empat kabupaten itu berjalan dengan baik.

"Sesuai dengan arahan Pak Pj Gubernur, prinsipnya, kegiatan ini harus bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Asistant Vice President of Destination Development Injourney Adrian Novry mengatakan kejuaraan jetski itu akan melombakan beberapa kategori yang akan menarik minat pengunjung.

"Adapun beberapa kategori tersebut diantaranya endurance, runabout, freestyle, ski ladies, dan lainnya. "Mengingat banyak kategorinya, kami optimis ajang ini akan ramai pengunjung," kata Adrian.


Baca juga: Kementerian BUMN siap dukung Aquabike 2023 lewat penyediaan infrastruktur
Baca juga: Sandiaga yakin Aquabike 2023 bawa efek berganda positif di pariwisata
Baca juga: Menpora: Aquabike 2023 jadi stimulus industri olahraga air Indonesia

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023