Depok (ANTARA) - Sanggar Tari Ayodya Pala menampilkan keragaman budaya dan tarian Nusantara di Korea Selatan yang mendapatkan sambutan meriah dari warga setempat.

Hal itu diungkapkan pemimpin rombongan Sanggar Tari Ayodya Pala Budi Agustinah (Etin) di Depok, Selasa.

"Ternyata seni budaya Indonesia yang beragam sangat dihargai di Korea Selatan. Tarian yang kami tampilkan antara lain Tari Seudati dan Ratoeh Jaroeh  dari Aceh, Bhinneka dan Kreasi Tot-Tor dari Batak, Mpok Cantik dari Betawi, dan Mambo Simbo dari Papua," kata Etin.

Baca juga: Ayodya Pala Depok wakili Indonesia di misi budaya internasional 

Menurut dia, tim penari dan ofisial sangat bangga dengan sambutan luar biasa dari masyarakat Korea Selatan. Masyarakat Korea Selatan begitu antusias menyaksikan tarian yang ditampilkan.

"Hal itu mengandung pesan jangan pernah menyerah dan berkecil hati dalam memajukan kesenian tradisional Indonesia. Pasti ada jalan menuju suatu kebaikan, asalkan tetap menjaga komitmen," katanya.


Salah satu penari Ayodya Pala Khansa Hasna Tsabita siswi kelas 8 SMPN 5 Depok mengaku sangat bangga melalui Ayodya Pala menari di depan masyarakat Korea Selatan. Untuk menghasilkan penampilan yang bagus, seluruh tim penari latihan terlebih dahulu selama 2 minggu secara intensif.

Baca juga: Diaspora Indonesia persembahkan tari Nusantara di Qatar 

"Saya bersama tim Ayodya Pala membawakan Tari Ratoeh Jare. Pada hari kedua kita bangga Bu Etin mendapatkan penghargaan pada acara tersebut, Jadi, para penari juga banyak diajak foto sama penonton. kita bangga sebagai generasi milenial melestarikan kesenian tradisional di negeri artis K-Pop," katanya.

Ayodya Pala pada hari pertama tampil di Gwanghwamun Plaza, Korea Selatan, membawakan Tari Kutidieng-Ratoeh Jaroeh, Tari Bhinneka dan Flashmob Maumere yang diikuti oleh pengunjung. Pada hari kedua tampil Tari Mambo Simbo (Papua), Mpok Cantik (Betawi), Kreasi Tor Tor (Batak), dan menerima penghargaan dari KBRI.

Rombongan Ayodya Pala juga melakukan tour ke Gwanjang Market, SM Entertainment Kwangya, Hybe Insight, YG Entertainment & The Samee, dan Han River serta kembali ke penginapan.

Baca juga: Tiga tarian Nusantara tarik perhatian di Acapulco

Pada hari berikutnya, tour dilanjutkan ke Gyeongbokgung Palace, Hanok Village, Ikseon Dong, Namsan Seoul Tower dan Myeongdong Street. Tidak hanya menikmati suasana di Korea Selatan, rombongan juga mengabadikan momen tersebut.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023