Depok (ANTARA) - Sanggar seni asal Kota Depok, Jawa Barat, Ayodya Pala Art Center mewakili Indonesia dalam misi budaya internasional yang akan tampil di Filipina dan Korea Selatan selama September 2023.

"Ada dua negara, Filipina dan Korea Selatan. Filipina tanggal 8 sampai 10 September 2023 dan 28 dan 29 September 2023 di Korea Selatan," kata Wakil Ketua Ayodya Pala Art Center Denta Mandra Pradipta Budiastomo di Balaikota Depok, Selasa.

Denta Mandra menjelaskan Ayodya Pala Art Center ke Philipina dalam 1st Manila International Dance Festival dan ke Korea Selatan mengikuti acara Festival Indonesia di Seoul Korea 2023 pada Peringatan 50 tahun hubungan bilateral Republik Indonesia dan Republik Korea.

"Keberangkatan kami ke dua negara untuk melaksanakan misi budaya mewakili Indonesia," kata pria yang akrab disapa Denta.

Baca juga: Mahasiswa UI juara umum festival tari di Perancis

Baca juga: Daop Madiun libatkan 60 penari guna peringati Hari Tari Sedunia


Untuk Tim Philipina, Ayodya Pala akan mengirimkan 15 orang penari dan official, sedang untuk Tim Korea Selatan mengirimkan 19 orang penari dan official.

Mereka, kata Denta, menampilkan beberapa tarian tradisional Indonesia dan beberapa karya tari Ayodya Pala

Selain mengharumkan nama Indonesia dan Kota Depok di mata Internasional, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat generasi muda untuk mempelajari Kesenian Tradisional Indonesia yang multi etnik.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Supian Suri mengaku bangga sangar Ayodya Pala Art Center mewakili Indonesia di kancah Internasional.

"Saya atas nama pemerintah kota Depok dan pribadi dan orang Depok, berterima kasih sebelumnya. Bagi perwakilan Depok bagi para siswa (Ayodya Pala Art Center) meluangkan waktu dan membuktikan bahwa untuk berprestasi mengatasnamakan Kota Depok," ungkap pria yang akrab disapa Bang Pian.

Bang Pian mewakili Pemerintah Kota Depok, mempunyai harapan besar kepada Ayodya Pala Art Center yang wakili Depok di kancah Internasional.

"Saya tahu Ayodya Pala merintis sejak tahun 80-an. Jadi kami punya harapan besar Ayodya Pala menjadi wadah kebanggaan dan berkembang. Karena sekali lagi untuk wadah seni. Dari pemerintah kota Depok menyiapkan sarana prasarana," ujarnya.*

Baca juga: KBRI promosikan seni tari Indonesia ke sekolah internasional Kenya

Baca juga: Maestro Eko konsisten angkat tarian Indonesia di kancah internasional

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023