Selain itu, penutupan jalanan lebih awal membuat masalah terhadap pegawai kami yang akan pulang ke luar Jakarta"
Jakarta (ANTARA News) - Beberapa ruas jalan di Jakarta akan ditutup saat puncak acara HUT DKI Jakarta (22/6) menyebabkan pusat perbelanjaan seperti Sarinah harus tutup lebih awal.


Hal ini  berpengaruh pada omzet penjualan salah satu pusat perbelanjaan di bilangan Thamrin, Sarinah, mengalami penurunan sebesar 50 persen.

"Dari jam buka awal yaitu sejak jam 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB omzet penjualan kami secara keseluruhan sebesar Rp327 juta atau turun 50 persen dari total penjualan pada Sabtu pekan lalu (15/6) sebesar Rp633 juta," ujar Floor Manager Sarinah, Satimin saat ditemui Antaranews.com, di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, penutupan ruas jalan lebih awal yaitu akan ditutup total pada pukul 18.00 WIB mungkin menyebabkan pengunjung mengurungkan niat untuk berbelanja karena khawatir sulitnya transportasi.

"Selain itu, penutupan jalanan lebih awal membuat masalah terhadap pegawai kami yang akan pulang ke luar Jakarta, Depok, maupun Tangerang karena dimana-mana sulit untuk mendapatkan kendaraan untuk pulang," kata dia.

Ia mengatakan khusus untuk hari ini yang bertepatan dengan HUT DKI Jakarta, Sarinah buka dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 19.00 WIB.

"Kalau untuk hari biasa kami bukan dari pukul 08.30 WIB hingga 22.00 WIB. Jam bukan kami berubah karena kalau misalnya kita tutup jam 22.00 WIB karyawan kami akan kesulitan untuk pulang karena banyaknya masyarakat yang menikmati hiburan di sekitar jalan Thamrin," kata dia.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013