Cirebon (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI membuka Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Piala Kemenpora 2023 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, untuk mencari bibit unggul atlet yang bisa diasah untuk mendatangkan prestasi.
 
"Semakin banyak menjaring peserta, berarti juga meningkatkan potensi dan kesempatan dari bibit atlet muda yang nanti bisa dibina," kata Menpora Dito Ariotedjo di Cirebon, Rabu.
 
Kejuaraan itu, kata Dito, merupakan upaya nyata pemerintah dalam mengembangkan dan membina atlet muda sehingga para atlet itu dapat memajukan cabang olahraga (cabor) unggulan maupun yang sedang berkembang.
 
Dito menjelaskan dalam penyelenggaraan kompetisi tarkam di Cirebon terdapat tiga cabang olahraga yang diperlombakan yakni voli, atletik, dan bulu tangkis yang diikuti hampir 900 atlet muda.
 
Menurutnya ajang ini menjadi momentum bagi ratusan atlet muda di Cirebon untuk menunjukkan kemampuannya, meski tingkat kompetisi itu masih skala lokal.

"Siapa tahu dari perhelatan kejuaraan antar kampung yang dilakukan di seluruh kecamatan/kelurahan, tapi bisa menjadi atlet nasional," ujarnya.
 
Dengan adanya kejuaraan ini, Dito optimistis bidang olahraga di Cirebon dapat maju dan mendatangkan banyak prestasi dari para atlet muda.
 
"Inilah yang Kemenpora lakukan, sesuai arahan dari Presiden Jokowi bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat," tuturnya.
 
Sementara itu Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih menyampaikan Kejuaraan Tarkam Piala Kemenpora itu dilaksanakan pada 8-10 November diikuti 903 atlet yang mewakili 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Perempuan yang akrab disapa Ayu itu menilai bahwa kejuaraan tersebut merupakan peluang bagi para atlet muda di Cirebon, untuk mengasah talenta serta meningkatkan jam terbang hingga menjadi olahragawan profesional.
 
"Kejuaraan ini bisa berlanjut menjadi agenda rutin atau agenda tahunan di Kabupaten Cirebon," ucap Ayu.

Baca juga: Kemenpora: Kejuaraan tarkam di Parigi Moutong upaya gemarkan olahraga
Baca juga: Ratusan atlet berpartisipasi dalam Kejuaraan Tarkam 2023 di Jembrana
Baca juga: Menpora Dito nilai Kejuaraan Tarkam munculkan atlet muda potensial

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023