Ambon (ANTARA) - Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Abdur Rahman Irsyadi memberikan kuliah umum program jaminan sosial ketenagakerjaan di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Pattimura Ambon

Kuliah Umum di Universitas Pattimura Ambon dilakukan dalam rangka sosialisasi tentang jaminan sosial bagi para mahasiswa sebagai calon pekerja potensial, katanya di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan mengunjungi kampus guna menanamkan pemahaman jaminan sosial sebelum mahasiswa memasuki dunia kerja nantinya.

Upaya yang dilakukan saat ini bagian dari membangun kesadaran di kalangan muda yakni mahasiswa dan juga akademisi kampus, karena program jaminan sosial bukan hanya kewajiban tapi harus jadikan sebagai kebutuhan.

Baca juga: Unpatti kirim 14 atlet ke Pomnas Banjarmasin 2023

Baca juga: Professor Freddy Leiwakabessy terpilih jadi Rektor Unpatti 2023-2027


"Yang terpenting adalah para mahasiswa sebagai calon pekerja jadi setidaknya dengan kegiatan ini mereka sudah tau, ketika nanti lulus mereka paham tentang hak kewajiban dan perlindungan jaminan sosial," katanya.

Ia mengakui, mahasiswa menjadi sasaran utama karena mereka adalah orang-orang yang berpendidikan, jadi diharapkan dengan adanya program ini mahasiswa dapat menjadi corong untuk memperkenalkan kepada orang banyak tentang manfaat dari jaminan Sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yaitu perlindungan jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Erly Leiwakabessy menyatakan kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan BPJS ketenagakerjaan sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun pegawai di Unpatti.

Melalui kegiatan mahasiswa maupun para pegawai di FEB Unpatti dapat berperan penting dalam sebuah perubahan dan agen pembangunan dalam bermasyarakat, untuk meneruskan informasi program jaminan sosial ke lingkungan sekitar.

"Program ini memang sangat diperlukan terutama bagi para pekerja, diharapkan para mahasiswa dapat memahami peran sebagai agen perubahan di lingkungan," ujarnya.

Sebagai perguruan tinggi, katanya, terutama Fakuktas ekonomi dan Bisnis sangat mendukung semua kegiatan yang memberikan peluang bagi kesejahteraan pembangunan.

Selain kuliah umum juga dilakukan penyerahan santunan kepada dua orang ahli waris penerima santunan Jaminan Kematian.*

Baca juga: BPJAMSOSTEK Maluku hadirkan layanan ramah penyandang disabilitas

Baca juga: BPjamsostek permudah peserta bayar iuran lewat aplikasi AYO toko

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023