“Kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang sudah terjadwal oleh saya dan redan Bripka Leo Andreas Purba,”
Sentani (ANTARA) - Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas), Polsek Kemtuk Gresi, Polres Jayapura mengajar membaca dan menulis kepada lansia di Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen melalui Bhabinkamtibmas Aipda Yosafat Bemey dalam rilisnya, Jumat mengatakan Polsek Kemtuk Gresi melakukan kegiatan belajar bersama warga yang didominasi mama-mama lanjut usia yang ada di Kampung Yanbra Distrik Kemtuk Gresi.

“Kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang sudah terjadwal oleh saya dan redan Bripka Leo Andreas Purba,” katanya.

Menurut Yosafat, kegiatan ini berlangsung di rumah belajar yang disediakan peserta didik Mama Belandina Nasadit (72).

“Kegiatan belajar membaca dan menulis dilaksanakan setiap minggunya melalui program gerakan baca tulis (Gabus) Polres Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan usia bukanlah menjadi penghalang bagi siapa saja yang ingin belajar, Gabus berupa pengenalan huruf, angka dan menulis yang diajarkan dari anak-anak hingga orang tua yang ingin mengenal dan belajar baca tulis.

"Program Gabus bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat mengenal, mengeja huruf abjad dan angka," katanya.

Dia menambahkan dengan memulai pelajaran metode dasar keaksaraan ada sembilan peserta didiknya dari usia 24 hingga tertua ibu Belandina Nasadit yang sudah berumur 72 tahun.

“Diharapkan melalui program ini dapat membantu warga di kampung atau pedalaman Papua dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama menuntaskan keaksaraan,” ujarnya.
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023