Kami berharap dengan adanya fasilitas Mobil Pameran Dekranasda ini dapat meningkatkan frekuensi pelaksanaan kegiatan promosi di berbagai event, serta menjangkau berbagai wilayah yang selama ini belum tersentuh oleh kegiatan promosi produk kerajinan u
Magelang (ANTARA) - Dekranasda Expo merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga kearifan lokal melalui pengembangan berbasis ekonomi yang telah dilakukan oleh para pengusaha-pengusaha kecil hingga menengah

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto di Magelang, Minggu, mengatakan kreativitas dan inovasi akan menjadi unsur penting dalam menciptakan suatu produk yang menarik dan bernilai tinggi.

Ia menyampaikan hal tersebut saat menghadiri puncak acara Dekranasda Expo Tahun 2023 sekaligus peluncuran Mobil Pameran Dekranasda di Magelang.

Menurut dia, tanpa kreativitas dan inovasi, suatu produk akan dirasa sulit untuk berkembang.

Ia menyampaikan, dengan kreativitas akan memungkinkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dapat menghasilkan ide-ide baru dalam melihat peluang baru sesuai dengan kebutuhan pasar, sedangkan dengan inovasi dapat menciptakan proses produksi yang lebih efektif dan bernilai tinggi.

Pada expo kali ini juga ada yang menarik perhatian, yaitu Mobil Pameran Dekranasda yang menjadi suatu terobosan dalam meningkatkan upaya promosi dan pemasaran produk kerajinan unggulan dari Kabupaten Magelang.

"Kami berharap dengan adanya fasilitas Mobil Pameran Dekranasda ini dapat meningkatkan frekuensi pelaksanaan kegiatan promosi di berbagai event, serta menjangkau berbagai wilayah yang selama ini belum tersentuh oleh kegiatan promosi produk kerajinan unggulan, sehingga upaya-upaya yang dilaksanakan dapat benar-benar dirasakan manfaatnya," katanya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Christanti Handayani Zaenal Arifin menyampaikan, Dekranasda Expo merupakan event yang secara rutin telah dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaku industri kecil dan menengah untuk dapat meningkatkan promosi dan pemasaran produk kerajinan yang selama ini telah mendapatkan pembinaan dan pendampingan oleh Dekranasda.

Sebagai mitra pemerintah, Dekranasda Kabupaten Magelang memiliki tugas untuk menggali serta melestarikan warisan tradisi dan budaya bangsa yang tercermin pada berbagai produk kerajinan.

Upaya yang telah dilaksanakan Dekranasda Kabupaten Magelang dalam rangka meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global, diantaranya adalah dengan kegiatan pembinaan, pelatihan, promosi, pemasaran, dan pengembangan.

"Oleh sebab itu, sinergi antar berbagai pihak sangatlah penting dalam rangka mencapai visi dan misi Dekranasda selaku lembaga yang melaksanakan pembinaan terhadap industri kecil dan menengah," katanya.

Baca juga: Dompet Dhuafa berdayakan ekonomi warga Magelang lewat lidah buaya

Baca juga: Diplomat RI promosikan potensi pariwisata dan perdagangan Magelang

Baca juga: Kantor DPUPR Kota Magelang dinobatkan sebagai Gedung Hemat Energi

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023