Jakarta (ANTARA) - Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus ditunjuk menjadi kapten atau ketua umum Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) pada Pemilu 2024.

"Kapten timnas, nama lengkap Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus," kata calon presiden usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Anies menjelaskan penunjukan Syaugi sebagai ketua tim pemenangan itu karena dia dinilai memiliki kemampuan dan kepemimpinan amat baik, serta mempunyai kemampuan kombinasi antara kepemimpinan dan manajerial.

Baca juga: Anies umumkan tim nasional pemenangan Pemilu 2024

"Kami ingin agar kapten ini benar-benar bisa mengelola sumber daya yang dimiliki menjadi efisien, efektif dalam mencapai tujuan," harap Anies.

Dia meyakini Syaugi sangat mengerti bagaimana mengelola organisasi yang cukup besar. Sehingga, dengan pengalaman dan jaringan yang dimiliki Syaugi, Anies berharap dapat memberikan kontribusi sangat besar dalam tim pemenangan.

Muhammad Syaugi Alaydrus merupakan purnawirawan TNI Angkatan Udara (AU) lulusan Akademi AU 1984. Syaugi terakhir menjabat sebagai kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tahun 2017.

Syaugi merupakan seorang pilot jet tempur F-16 Fighting Falcon dengan 4.000 jam pengalaman terbang. Syaugi pernah meraih penghargaan Adhi Makayasa dan anugerah Bintang Dharma.

Baca juga: Visi misi capres-cawapres tekankan lingkungan hidup berkelanjutan

Anies menegaskan Timnas AMIN tidak berfungsi menentukan siapa yang bekerja di luar atau di dalam, melainkan untuk memenuhi persyaratan formal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait keharusan memiliki tim pemenangan bagi pasangan calon peserta Pilpres 2024.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye dijadwalkan pada 28 November 2023-10 Februari 2024, sementara pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies-Muhaimin siap hadiri uji publik PP Muhammadiyah

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023