"Kami mengadakan lomba yang merupakan salah satu inovasi yang diinisiasi oleh Bupati Jember dengan tujuan untuk memberikan ruang partisipasi masyarakat secara luas dalam pembangunan di Jember,"
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jember mendorong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan inovasi dalam keterbukaan informasi publik.

Sekretaris Daerah Jember Hadi Sasmito didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember Bobby Arie Sandy memberikan pengarahan kepada seluruh peserta lomba keterbukaan informasi publik melalui zoom di ruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Kamis.

"Kami mengadakan lomba yang merupakan salah satu inovasi yang diinisiasi oleh Bupati Jember dengan tujuan untuk memberikan ruang partisipasi masyarakat secara luas dalam pembangunan di Jember," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember Bobby Arie Sandy.

Menurutnya kegiatan itu juga memberikan apresiasi atas keterbukaan informasi publik yang sudah dilaksanakan oleh sejumlah instansi di lingkungan Pemkab Jember.

"Kami juga memberi semangat instansi di Pemkab Jember dalam menjalankan implementasi sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," tuturnya.

Selain itu juga mendorong pemerintah desa untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik dan memberikan ruang untuk berkreativitas pada kelompok informasi masyarakat (KIM).

"Tahun sebelumnya yakni 2020, 2021 bahwa Jember pada peringkat terakhir di Jawa Timur karena tidak melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik, dan alhamdulillah mulai tahun 2022 Jember sudah dalam kondisi normal bisa mencapai peringkat 11," katanya.

Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Jember terus membuat langkah untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik pada tahun 2021 dan langkah-langkah tersebut dimulai dari Pemkab Jember yang meluncurkan laman PPID sampai dengan melakukan bimbingan teknis PPID hingga lingkup pemerintahan desa.

Sementara Sekretaris daerah Jember Hadi Sasmito mengatakan kegiatan itu termasuk sebagai program kerja pemerintah daerah untuk bisa meningkatkan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat maupun kepada pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Jember.

"Hari ini adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat dan sangat ditunggu bersama bahwa apa yang sudah di gagas oleh Diskominfo Jember, bagaimana ke depan bisa melayani masyarakat dengan baik," ujarnya.

Ia berharap dengan diselenggarakan kegiatan lomba keterbukaan informasi publik bisa meningkatkan indeks terhadap Keterbukaan Informasi Publik supaya semakin baik dan luar biasa karena sudah waktunya Jember informatif.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023