Jakarta (ANTARA) - Empat personel grup idola J-pop JO1 yakni Tsurubo Shion, Mamehara Issei, Kawanishi Takumi dan Sato Keigo mengungkap pengalaman menarik selama mengadakan tur konser Asia bertema "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" yang berlangsung sejak 1 November lalu hingga 11 November 2023.

Kala itu, mereka diundang dalam acara Jepang "Best Hits Kayosai" di saluran Yomiuri TV dan disiarkan langsung melalui saluran YouTube serta Line Voom mereka pada Kamis (16/11) sore.

Sato Keigo mengatakan di salah satu konser dan grupnya sedang menyanyikan lagu secara langsung, secara tiba-tiba musik pengiring berhenti. Mamehara Issei melanjutkan JO1 saat itu menjadi seakan bernyanyi secara akapela. Dia melanjutkan, rekan-rekannya kala itu terus bernyanyi sembari membawakan koreografi seperti seharusnya.

Presenter acara kemudian bertanya alasan JO1 melanjutkan penampilan dan dijawab itu merupakan tindakan spontan.

"Waktu itu bagian (part menyanyi) Takumi. Dia bernyanyi langsung. Penggemar juga ikut bernyanyi," kata Sato Keigo.

Baca juga: JO1 temu perdana dengan JAM Indonesia

Baca juga: JO1 bicara JAM hingga impian


Kondisi seperti yang diungkapkan Sato Keigo sebenarnya terjadi saat konser JO1 di Jakarta pada 1 November lalu, saat menyanyikan lagu "Venus", sebuah lagu utama dari album ketiga berjudul "EQUINOX".

JO1 semula bernyanyi diiringi musik sebagaimana mestinya. Namun saat reff pertama di bagian Kawanishi Takumi, musik tiba-tiba mati. Mengetahui itu, JO1 memutuskan untuk melanjutkan penampilan mereka, kendati ekspresi sebagian wajah personel tampak kaget.

Para penggemar JO1 yang disapa JAM justru ikut menyanyikan lirik lagu bersama idola mereka, hingga musik kembali menyala pada bagian rap yang mulai dinyanyikan Kimata Syoya.
 
Sato Keigo JO1 saat menghadiri konferensi pers menjelang konser "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" di Jakarta pada 31 Oktober 2023. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
Mamehara Issei JO1 saat menghadiri konferensi pers menjelang konser "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" di Jakarta pada 31 Oktober 2023. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)



Berbicara lebih lanjut mengenai momen konser di Jakarta, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dibilang menarik antara lain penampilan perdana JO1 melantunkan lagu "Eyes on Me", sebuah karya kolaborasi terbaru mereka bersama DJ sekaligus produser musik Maroko-Belanda R3HAB. Mereka juga sekaligus mengungkap koreografi untuk lagu itu di hadapan para penggemar di konser Jakarta.

Video musik "Eyes on Me" sendiri baru diunggah ke laman YouTube JO1 pada 2 November 2023, satu hari setelah konser di Jakarta.

Hal menarik selanjutnya yakni JO1 membawakan lagu "Bokura no Kisetsu" atau "Our Season", sebuah lagu dalam single kelima mereka yakni "WANDERING" dalam konser itu. Mereka sebelumnya tak memasukkan lagu ini ke dalam daftar putar, begitu juga dengan "Dreaming Night", lagu tema untuk drama Jepang berjudul "Love Phantom", yang turut dihadirkan malam itu.

Baca juga: JO1 di Jakarta, bahas ikan bumbu pedas hingga sawah

Lagu lainnya yang juga dinyanyikan JO1 dan tak ada dalam "BEYOND THE DARK SETLIST PLAYLIST" yakni lagu debut "Mugendai (Infinity)" dan "Tsukame (It's coming)" yang membangkitkan ingatan penggemar ke masa personel grup mengikuti ajang kompetisi "PRODUCE 101 JAPAN Season 1" tahun 2019.
 
Kawanishi Takumi JO1 saat menghadiri konferensi pers menjelang konser "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" di Jakarta pada 31 Oktober 2023. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
Tsurubo Shion JO1 saat menghadiri konferensi pers menjelang konser "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" di Jakarta pada 31 Oktober 2023. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)



Momen menarik lainnya yakni kala JO1 mengucap kata dalam Bahasa Indonesia, salah satunya meminta penggemar bernyanyi bersama di awal lagu "With Us", dengan berkata, "Ayo nyanyi sama-sama," kata Kono Junki. Menjelang akhir lagu, Kimata Syoya mengganti kata lirik bagiannya yakni "Isshonara ikeruyo" dengan "Ayo nari sama-sama".

Personel Kono Junki juga menghibur penggemar dengan mengucap kata "Assalamu'alaikum", "Astagfirullah" dan mengenakan peci hitam di atas panggung. Peci yang sama juga sempat dikenakan Shiroiwa Ruki di akhir penampilan "Mugendai".

Sementara itu, personel Kinjo Sukai mengatakan, "Aku suka mangga" lalu Kawashiri Ren berkata "Kok sepi sih? Pulang ah", seraya berbalik seakan bergegas meninggalkan panggung. Baru selangkah berbalik, dia menuturkan kata "bercanda" dan mendapat hujan tawa penggemar.

Beberapa personel JO1 bahkan mengenakan aksesoris khas Indonesia. Personel Shiroiwa Ruki mengalungkan kain batik di lehernya, Ohira Shosei mengenakan kain batik yang dililit sebagai bawahan busana, sementara Mamehara Issei mengenakan baju batik dilapisi kaos.

Baca juga: Bersemangat sekaligus gugup, kata JO1 jelang konser di Jakarta besok

Baca juga: JO1 ke Jakarta November 2023, perdana bertemu JAM Indonesia 

Tak sampai di sana, aksi turun panggung dan mengabulkan permintaan juga menjadi tambahan kado bagi para JAM, malam itu.

Sebagian personel grup misalnya Kawashiri Ren, Sato Keigo, Kinjo Sukai dan pemimpin Yonashiro Sho mewarnai penampilan dengan menunjukkan otot-otot perut dan lengan, mengundang jeritan para JAM.

Konser JO1 di Jakarta berlangsung kurang lebih selama dua jam. Usai membawakan "Mugendai", para personel JO1 salah satunya Kimata Syoya mengucapkan "terima kasih", diikuti Kono Junki mengatakan "JAM pacar saya, dah sayang".

Masih membahas tentang konser di Jakarta, dalam kesempatan berbeda tepatnya acara radio program radio "All Nippon Nippon X" yang dipandu Shiroiwa Ruki, dua rekan timnya, Tsurubo Shion dan Kono Junki mengungkap rasa takjub saat mendengar para penggemar menyanyikan lagu "Indonesia Raya" sebelum konser dimulai.

JO1 memulai konser bertema "BEYOND THE DARK" di Tokyo, Jepang pada 5-6 Agustus 2023, diikuti beberapa kota lain di Jepang yakni Aichi, Miyagi, Hiroshima, Fukuoka dan Osaka.

Mereka kemudian mengadakan tur konser Asia bertema "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" di Jakarta, Bangkok, Taipei dan Shanghai.

Para pelantun "Gradation" itu nantinya menggelar konser tambahan bertajuk "BEYOND THE DARK:RISE in KYOCERA DOME OSAKA" pada 24 -25 November 2023.

Pada 31 Desember 2023, JO1 dijadwalkan tampil di acara akhir tahun yang digelar stasiun televisi NHK, "Kohaku Uta Gassen ke-74", menjadi penampilan kali kedua untuk mereka.

Baca juga: Jelang konser di Indonesia, JO1 unjuk kemampuan Bahasa Indonesia

Baca juga: JO1 dalam 30 menit, bocoran tentang "me time" hingga tur "onsen"

Baca juga: Lima personel JO1 harapkan ini dari "fans" selama konser di Indonesia

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023