Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memperpanjang operasional layanan pada tiga rute untuk melayani warga yang menyaksikan Piala Dunia U-17 di Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Jakarta Utara.
 
Ketiga layanan tersebut, yakni Stasiun LRT Pengangsaan Dua-JIS (12P), Juanda-JIS (14A) dan Tanjung Priok-Senen via JIS (14B).
 
"Ketiga layanan itu beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 23.00 WIB, sebelumnya ketiga layanan itu melayani pukul 05.00-22.00 WIB," kata Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta, Wibowo di Jakarta, Jumat.

Kebijakan tersebut menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0160 tentang Penugasan Kepada Perseroan Terbatas Transportasi Jakarta untuk Penyediaan Layanan Bus TransJakarta guna mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Heru ungkap ada kabel yang hambat aliran air saat hujan lebat di JIS
 
Perpanjangan layanan ini, kata Wibowo, terimplementasi pada saat perhelatan FIFA World Cup U-17 yang berlokasi di JIS.
 
Layanan ini untuk memudahkan dan memfasilitasi penonton kembali ke kediaman masing-masing setelah pertandingan dengan moda transportasi publik yang aman dan nyaman.

Selain memperpanjang layanan tiga rute, PT TransJakarta menyediakan 11 rute untuk warga yang ingin menonton Piala Dunia U-17 tahun 2023 di JIS. Untuk layanan reguler ada 196 unit armada TransJakarta terdiri atas "single bus", medium bus hingga mikrotrans.

Layanan tersebut meliputi Senen-JIS (14), Juanda-JIS (14A), Tanjung Priok-Senen via JIS, Stasiun LRT Pegangsaan Dua–JIS (12P), Tanjung Priok-Jembatan Item (JAK77) dan Terminal Tanjung Priok-Ancol Barat (JAK88).

Baca juga: Jakpro pastikan kabel penutup saluran di JIS telah rapi

Selanjutnya, ada rute Terminal Tanjung Priok-Taman Kota Intan (JAK89), Terminal Tanjung Priok-Rusun Kemayoran (JAK90), Taman Waduk Papanggo-Kota Tua (JAK118) dan Terminal Muara Angke-JIS (JAK120).

Selain itu, ada 35 unit bus Low Entry (LE) dengan tarif Rp0 sebagai "shuttle bus" (pengumpan) yang akan mengantarkan dengan rute Jakarta International Expo-C3 Kemayoran-JIS. Fasilitas tersebut tersedia 11-24 November 2023 dengan waktu operasi 12.00-23.00 WIB.

TransJakarta juga memfasilitasi para panitia, relawan serta media dengan transportasi dari C3 Kemayoran menuju JIS pada 9-24 November 2023. 

BUMD DKI Jakarta ini telah membangun empat halte BRT koridor 14 untuk membantu mobilitas arah JIS menjelang Piala Dunia U-17. Yakni Halte Tanah Tinggi, Benyamin Suaeb, Danau Sunter Barat A dan Danau Sunter Barat B.
Baca juga: Legislator minta DKI tingkatkan koordinasi menyusul genangan di JIS
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023