Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi mengatakan turnamen seperti Borobudur Open Tennis Championship menjadi penting untuk membangkitkan semangat dan motivasi pemain muda Indonesia.

"Melihat peserta sangat baik karena banyak komunitas yang hadir dan dapat membangkitkan olahraga tenis serta membuat pemain junior makin bersemangat," kata Aldila dalam keterangan resmi yang diterima pewarta, Sabtu.

Borobudur Open Tennis Championship 2023 berlangsung sejak Jumat (17/11) hingga Minggu (19/11). Namun pembukaan baru secara resmi dilakukan di lapangan tenis Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu.

Petenis peringkat 26 dunia untuk sektor ganda tersebut bahkan berharap level turnamen dapat ditingkatkan baik secara nasional maupun internasional.

"Pastinya sangat senang bisa melihat acara ini apalagi dengan minimnya lapangan tenis di Jakarta dan Hotel Borobudur adalah hotel bintang lima yang mau menyelenggarakan turnamen semacam ini. Semoga berikut levelnya makin meningkat," kata Aldila.

Pada edisi ketiga, turnamen tersebut juga mengukir sejarah baru sebagai ajang pertama yang masuk kalender Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) DKI Jakarta sebagai kejuaraan yang menggunakan delapan lapangan tenis secara bersamaan.

Baca juga: Awal Chairuddin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PP Pesti

Tak hanya itu, kejuaraan tersebut juga merupakan turnamen pertama dengan jumlah peserta terbanyak dalam sejarah Pelti DKI dengan 300 petenis yang bersaing.

Mereka terbagi menjadi dua kategori yaitu kategori A khusus untuk Men’s Double Game dengan syarat 110, 80, dan 90, dan kategori B dengan syarat umur minimal 35 tahun untuk Men’s Doubles dan Women’s Double.

Turnamen tenis itu menyediakan hadiah uang tunai mencapai Rp28 juta. Juara berhak atas uang sebesar Rp10 juta bagi Kategori A dan Rp5 juta untuk kategori B.

Executive Assistant Manager Hotel Borobudur I Nyoman Sudimantra mengatakan turnamen ini bergulir sebagai bagian dari rangkaian acara menuju ulang tahun ke-50 Hotel Borobudur.

"Jadi kami ada 31 tim yang ikut pada turnamen ini dengan total dua kelompok, yang satunya fun tennis yang satunya pro. Ada sekitar 300-an orang yang hadir di kejuaraan ini,” kata I Nyoman Sudimantra.

Baca juga: Djokovic pastikan tutup tahun sebagai petenis peringkat satu dunia
Baca juga: Naomi Osaka nantikan untuk comeback di Brisbane International

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023