Shenzen, (ANTARA/PRNewswire)- Oktober lalu, Peking University HSBC Business School (PHBS) berhasil meraih akreditasi EQUIS yang berlaku lima tahun. Meski belum lama berdiri, PHBS siap membangun reputasi global, bahkan termasuk beberapa fakultas ilmu bisnis terbaik di dunia dengan Tiga Akreditasi Bergengsi—EQUIS, AACSB, dan AMBA—dari tiga lembaga akreditasi yang paling bergengsi. Saat ini, sebanyak 215 fakultas ilmu bisnis yang tersebar di lebih dari 40 negara berakreditasi EQUIS, dan hanya sekitar 1% fakultas ilmu bisnis di seluruh dunia yang sukses meraih tiga akreditas bergengsi tersebut.

Berdiri pada 1997, EQUIS secara ketat mengevaluasi, mengakreditasi, dan meningkatkan tata kelola, program, mahasiswa, tenaga pengajar, riset, dan internasionalisasi yang dijalankan fakultas ilmu bisnis. Proses akreditasi berlangsung ketat dengan mekanisme telaah sejawat (peer-review). Maka, EQUIS melambangkan kualitas, kelayakan, dan komitmen peningkatan mutu secara swadaya dari sebuah fakultas ilmu bisnis terhadap mahasiswa, perusahaan pemberi kerja, dan mitra akademik di seluruh dunia.

Selama proses telaah sejawat berlangsung, dekan PHBS memaparkan pencapaian PHBS dan rencana strategis seputar pengembangan mendatang. Perwakilan dosen, staf, mahasiswa, alumni, dan mitra strategis dari kalangan industri turut berpartisipasi dalam tahap wawancara.

Di antara sejumlah indikator kualitas, tim penilai mengakui kualitas unggulan PHBS menyangkut mahasiswa dan dosen, komitmen kuat pada internasionalisasi, program akademi yang dirancang dengan baik, proses admisi dan seleksi mahasiswa baru yang ketat, terutama, penempatan karier (career placement). Menurut laporan tahunan tentang peluang kerja, tingkat kemampuan lulusan PHBS dalam mengisi lowongan pekerjaan tercatat sebesar 97,7%, dan mayoritas lulusan PHBS bekerja di perusahaan keuangan dan konsultan ternama.

Mengenai aspek internasionalisasi PHBS, tim penilai mengakui empat indikator berikut: rekrutmen dosen, pembinaan mahasiswa, kolaborasi internasional, dan pengembangan kampus di Inggris, kampus asing pertama yang didirikan fakultas ilmu bisnis asal Inggris di negara Barat. Lewat koneksi alumni dan perusahaan, PHBS juga membina hubungan erat dengan kalangan industri dan membekali mahasiswa dengan studi kasus praktis. Maka, tim penilai memuji keunggulan PHBS dari sisi jaringan perusahaan, kebijakan, dan profesional di Tiongkok, khususnya Greater Bay Area.

Terletak di Shenzhen, PHBS berdiri pada 2004 dengan sebuah visi, meningkatkan komitmen Peking University terhadap ekonomi global, sektor keuangan, dan riset manajemen, serta mengembangkan pusat keunggulan internasional dalam pendidikan ilmu bisnis. Pencapaian PHBS dalam meraih sejumlah akreditasi mencerminkan standar dan praktik yang dijalankan fakultas ilmu bisnis tersebut. PHBS pun akan terus memberdayakan mahasiswa dengan wawasan dan keahlian penting agar mereka meraih sukses global. Maka, PHBS menyediakan tenaga pengajar terbaik, riset berdampak luas, dan mempraktikkan standar tertinggi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023