Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada para tokoh pejuang dan presidium pembentukan Provinsi Kepulauan Babel
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA menyerahkan santunan kepada 81 orang janda veteran tokoh Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia dan presidium pembentukan Provinsi Kepulauan Babel, sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi pemerintah provinsi kepada mereka.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada para tokoh pejuang dan presidium pembentukan Provinsi Kepulauan Babel," kata Safrizal AZ saat menyerahkan santunan secara simbolis kepada janda veteran di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Babel ini sudah dimulai sejak 1956, dan dilanjutkan pada angkatan ke-2 pada 1970, akan tetapi perjuangan tersebut belum berhasil dan kandas di tengah jalan.

Namun berkat perjuangan yang gigih dan tidak mengenal lelah serta dengan campur tangan dan Ridho Allah SWT, tepat pada hari ini 23 tahun yang lalu pada 21 November 2000 Provinsi Kepulauan Babel disahkan secara resmi oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Provinsi Kepulauan Babel menjadi provinsi ke-31 dan Undang-undang Nomor 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Babel menjadi landasan hukum formal berdirinya Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Saya mengapresiasi seluruh masyarakat yang kala itu telah berjuang hingga terbentuknya Provinsi Kepulauan Babel yang kita cintai ini," kata Safrizal ZA.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Babel Budi Utama mengatakan, sebanyak 81 orang janda tokoh pejuang 45 dan presidium pembentukan Provinsi Kepulauan Babel, masing-masing mendapatkan santunan Rp1 juta.

"Santunan ini sebagai bentuk kepedulian dan ucapan terima kasih pemerintah provinsi kepada para janda tokoh pejuang, dan diharapkan dapat meringankan bebannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023