Kami bersama-sama mengembangkan potensi kopi di Mimika....
Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah dan PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar pelatihan barista untuk meningkatkan keterampilan pelaku usaha di daerah setempat.

Staf Ahli Bupati Mimika Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Septinus Timang, di Timika, Selasa, mengatakan pelatihan barista diikuti oleh 15 orang, yaitu petani kopi, pelaku usaha, pendamping dan tenaga pelatih.

"Ini merupakan kolaborasi yang baik antara pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan Mimika bersama PTFI melalui Community Economies Development Nemangkawi Mining Institute," katanya lagi.

Menurut Septinus, pemerintah berharap pelatihan barista ini dapat menambah keterampilan bagi para peserta untuk memasuki dunia usaha dan kerja sebagai barista andal Mimika.

"Melalui pelatihan ini, peserta dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan menimba ilmu yang diberikan sehingga dapat berguna nantinya," ujarnya pula.

Senior Vice President Community Development PTFI Nathan Kum menjelaskan, pada 2006 pihaknya mengelola kopi sendiri dan di 2014 berkolaborasi bersama Pemkab Mimika mengolah kopi asli setempat.

"Kami bersama-sama mengembangkan potensi kopi di Mimika, dan sekarang masyarakat sudah memiliki lahan dan menanam sendiri," katanya.

Dia menambahkan, PTFI berharap melalui kerja sama dan kolaborasi ini dapat menjadi bekal bagi 15 peserta untuk meningkatkan kualitas diri dan menjadi pegangan dalam menciptakan kopi yang bernilai jual.

"Keterampilan sangat dibutuhkan dalam memasuki dunia usaha dan kerja, mari manfaatkan peluang yang ada dengan mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya," ujarnya lagi.
Baca juga: PTFI meraih penghargaan Indonesia Coffee Heroes Award 2023
Baca juga: Menteri ESDM sebut izin tambang Freeport diperpanjang hingga 2061

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023