Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia menjalin kerja sama dengan lembaga zakat Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Palestina.

"Kami sangat menginginkan kerja sama dengan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir karena mereka adalah lembaga zakat resmi negara yang terpercaya, dan merupakan lembaga di bawah naungan Grand Syekh Al Azhar," ujar Ketua BAZNAS Noor Achmad, melalui rilis pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kerja sama tersebut disepakati dalam pertemuan BAZNAS dengan perwakilan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat di Gedung Masyikhah Azhar, Kairo, Kamis (23/11).

Noor Achmad menyampaikan bahwa selain meyakini Bayt Zakat Wa As-Shadaqat sebagai lembaga zakat terpercaya, dia juga mengetahui bahwa lembaga itu termasuk salah satu lembaga filantropi yang memiliki banyak akses Internasional.

Noor menjelaskan bahwa pada tahap awal, BAZNAS akan menyalurkan dana bantuan sebesar 1 juta dolar AS (sekitar Rp15,5 miliar) untuk Palestina bekerja sama dengan sejumlah lembaga Mesir.

Selain dengan Bayt Zakat Wa As-Shodaqah, BAZNAS juga akan bekerja sama dengan Mishr Al-Kheir, serta Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) untuk penyaluran bantuan tahap pertama tersebut. Adapun dana yang akan disalurkan bersama Bait Zakat wa Shodaqat adalah sebanyak 340 ribu dolar AS (sekitar Rp5,28 miliar).

Sementara itu, Ketua Bayt Zakat Wa As-Shodaqah Sahr Nasr menyambut baik kerja sama dengan BAZNAS. Ia juga mengaku lembaganya pernah menyalurkan bantuan konstruksi bangunan untuk masyarakat Palestina seperti pembuatan tempat tinggal.

Sebagai bentuk kesepakatan kerja sama tersebut, Sahr Nasr menyampaikan bahwa semua barang-barang yang dibeli atas nama Bayt Zakat Wa As-Shadaqat tidak dikenai pajak sama sekali. Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir juga siap mengawal BAZNAS dalam mengantar bantuan Palestina ke Rafah.

Dalam waktu dekat, BAZNAS dan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat telah sepakat untuk melakukan penandatanganan MoU yang bersifat umum dalam rangka penyaluran bantuan kemanusiaan ke Gaza tersebut dan dilanjutkan kerja sama lain di berbagai bidang.

Baca juga: Baznas gandeng filantropi Mesir jadi peninjau bantuan Palestina
Baca juga: Warga Palestina manfaatkan jeda kemanusiaan untuk berziarah

Pewarta: Katriana
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023