Dusseldorf, Jerman, (ANTARA/PRNewswire)- Fapon, perusahaan life science terkemuka di dunia, meluncurkan solusi diagnostik yang inovatif dan terintegrasi, serta menjalin kerja sama strategis di 55th International Hospital and Medical Equipment Exhibition (MEDICA 2023) yang berlangsung pada 13-16 November 2023 di Düsseldorf Convention and Exhibition Center, Jerman. Di MEDICA, Fapon memaparkan berbagai pencapaian terbarunya dalam ekosistem diagnostik berbasiskan platform terbuka.

Selama 22 tahun berkomitmen membuat kemajuan teknologi fundamental yang mencakup bahan baku, reagen, dan instrumen, Fapon mendukung sektor in-vitro diagnostic (IVD) global dan mitra-mitra melalui strategi terintegrasi dalam bahan baku utama IVD, solusi reagen, dan platform instrumen terbuka.

Ekspansi ke Indonesia

Di MEDICA, Zhiqiang HE, President, Fapon Biotech, dan Vidjongtius, Direktur Utama PT Kalbe Farma Tbk, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperluas kerja sama dan meningkatkan perkembangan sektor IVD di Indonesia. Kalbe Farma, berdiri pada 1966, adalah salah satu perusahaan publik terbesar di sektor farmasi di Asia Tenggara. Maka, kolaborasi ini menjadi salah satu pencapaian terbaru Fapon guna memperkuat jangkauan di pasar Indonesia setelah menjalin kerja sama pada Oktober lalu bersama Halodoc, platform layanan kesehatan jarak jauh yang terbesar di Indonesia.

Fapon terus menjadi penyedia alat diagnostik terkemuka di pasar-pasar berkembang, seperti India, Brazil, dan negara-negara lain sejak mengawali ekspansi global.

Debut di Eropa

Sejak merintis ekosistem inovatif berbasiskan platform terbuka, Fapon telah menghadirkan lebih dari 5.000 alat analisis chemical luminescence immunoassay (CLIA), serta melibatkan lebih dari 250 mitra ekosistem. Di MEDICA, Fapon menggelar debut berbagai bahan baku baru dan instrumen terbuka, serta membuktikan kapabilitas yang lebih mumpuni dalam menyediakan solusi diagnostik terintegrasi. 

Salah satu solusi Fapon, Shine i8000/9000, alat analisis CLIA berkecepatan tinggi dengan kecepatan deteksi yang mencapai 900 tes/jam, menjalani debut di Eropa. Dalam sambutannya, Dr. Sandeep K. Vashist, Senior Director, Global IVD Products, Fapon Biotech, yang berjudul "Empowering IVD manufacturers and clinical scientists via Fapon's innovative open CLIA analyzers", memaparkan portofolio produk lengkap Fapon, terdiri atas alat analisis berkecepatan rendah, menengah, dan tinggi sekaligus mengemukakan manfaat instrumen terbuka.

Dengan melansir sederet bahan baku, seperti bahan baku influenza (FLU), bahan baku utama HIV P24, dan cardiac troponin I (cTnI), serta blocker di MEDICA, Fapon ingin mendukung berbagai mitra melalui teknologi fundamental yang mutakhir dan produk terbaik.

Solusi diagnostik Fapon telah memperoleh sambutan positif dan pengakuan klien di seluruh dunia. Klien dari Asia Tenggara menilai, "Fapon adalah mitra pilihan untuk melansir teknologi dan lini produk baru di negara kami." Sementara, klien dari Italia berkata, "Layanan lokal Fapon tergolong cepat dan efisien sehingga Fapon menjadi mitra yang reliabel." Klien asal Asia Selatan, telah berkolaborasi dengan Fapon selama satu dekade, menganugerahi tim Fapon dengan sebuah medali yang mengapresiasi kemitraan strategis dan luar biasa tersebut.

Dengan filosofi pengembangan produk yang mengutamakan pertumbuhan berbasiskan inovasi, bisnis Fapon telah berekspansi ke 68 negara dan wilayah di enam benua, serta meraih kepercayaan dan dukungan lebih dari 2.500 klien global. Ke depan, Fapon akan terus memperkuat daya saing teknologi dan memperluas ekosistem. Berkolaborasi dengan berbagai mitra, Fapon ingin membangun ekosistem diagnostik, menggerakkan perkembangan sektor layanan kesehatan global, serta berkontribusi mendirikan ekosistem layanan kesehatan global.

Tentang Fapon

Fapon adalah perusahaan life science terkemuka di dunia yang menyediakan solusi dan layanan terintegrasi untuk diagnosis, biofarmasi, dan bioterapi. Mengintegrasikan solusi terpadu yang mencakup bahan baku, reagen, dan platform instrumen terbuka yang inovatif, Fapon kini berkembang sebagai vendor in-vitro diagnostics terkemuka. Fapon memiliki inovasi canggih dalam teknologi pengobatan dan platform algoritma AI, didukung analisis data yang berkontribusi mewujudkan dunia yang lebih baik dan sehat. Dengan tim litbang, manufaktur, penjualan, dan jaringan penjualan, produk Fapon kini menjangkau 68 negara dan wilayah, serta melayani lebih dari 2.500 mitra bisnis di seluruh dunia.

Ikuti LinkedIn (Fapon) atau situs www.faponbiotech.com.

Tentang Kalbe Farma

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berdiri pada 1966 dan kini menjadi salah satu perusahaan publik terbesar pada segmen farmasi di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menawarkan portofolio merek yang andal dan beraneka ragam: divisi obat-obatan resep, divisi produk kesehatan yang memasarkan obat-obatan yang dijual bebas, multivitamin, dan minuman suplemen siap saji, divisi nutrisi, serta divisi distribusi & logistik.

Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak usaha dan 15 pabrik berstandar internasional, didukung sekitar 16.000 tenaga kerja di 76 kantor cabang di seluruh Indonesia. Saham Kalbe terdaftar di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF) sejak 1991.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023