Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsekal Pertama TNI Swasono Rahayu meresmikan operasional Kamar Operasi dan Unit Perawatan Intensif (ICU) Terpadu yang terdapat di Rumah Sakit Pusat TNI AU (RSPAU) dr Suhardi Hardjolukito Yogyakarta, Jumat.

Selain Intensive Care Unit (ICU), Kadiskesau juga meresmikan kamar operasi Intensive Coronary Care Unit (ICCU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU), dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Keempat kamar operasi tersebut berada di Gedung Dede Suwenda RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Yogyakarta.

"Peningkatan mutu layanan kesehatan bukanlah hal sederhana, namun merupakan hasil dari upaya bersama untuk memastikan bahwa setiap pasien menerima pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," kata Kadiskesau di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengatakan peningkatan mutu layanan kesehatan harus menjadi agenda utama setiap fasilitas pelayanan kesehatan baik itu melalui perbaikan secara internal maupun dengan kolaborasi eksternal. Ia menyebut upaya peningkatan mutu haruslah berkelanjutan.

"Penambahan layanan ini tidak hanya sekadar peningkatan fasilitas, namun juga merupakan dukungan kuat dalam menjalankan tugas TNI AU di bidang kesehatan serta upaya nyata dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Baca juga: KSAU resmikan pemanfaatan gedung Radioterapi di RSPAU Hardjolukito

Dia berharap dengan operasional pelayanan Gedung Dede Suwenda ini, RSPAU dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, canggih, dan lebih manusiawi, bagi setiap individu yang membutuhkan. Ini sejalan dengan tekad kuat RSPAU untuk memberikan yang terbaik bagi personel TNI AU, keluarga besar TNI, PNS dan keluarga serta masyarakat luas.

"Semoga fasilitas baru ini menjadi langkah awal yang positif untuk perubahan yang lebih baik dalam layanan kesehatan yang ada di RSPAU Hardjolukito," katanya.

Sementara itu Kepala RSPAU dr Suhardi Hardjolukito, Marsekal Pertama TNI Roikhan Harowi, mengatakan operasional Gedung Dede Suwenda yang diresmikan tersebut merupakan suatu tonggak sejarah dalam perjalanan RSPAU untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik.

"Dengan fasilitas baru ini kami dapat meningkatkan kapasitas pelayanan, memberikan perawatan yang lebih canggih, dan menjawab tuntutan akan perawatan kesehatan yang lebih baik," katanya.

Pihaknya berupaya agar fasilitas baru ini dapat beroperasi dengan lancar dan menjadi tempat yang mampu memberikan perawatan medis terbaik bagi personel TNI AU, keluarga besar TNI, PNS dan keluarganya, serta masyarakat umum.

"Kedepannya kami juga akan terus berupaya untuk mengembangkan fasilitas dan pelayanan, sehingga RSPAU tetap menjadi tempat yang diandalkan dalam dunia kesehatan," katanya.

Baca juga: RSPAU Hardjolukito Yogyakarta bersiap menuju pelayanan bintang lima

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023