Jakarta (ANTARA) - Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI di Canberra, Mukhamad Najib, menyerahkan piagam penghargaan kepada tujuh siswa Melrose High School, Canberra, Australia pada acara pelepasan lulusan di sekolah tersebut pada Jumat.

Salah satu dari tujuh siswa penerima penghargaan dinobatkan sebagai siswa terbaik dan mendapat piagam dari Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu, Siswo Pramono.

“Di Canberra ada 14 sekolah lebih yang memberikan pelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya Melrose High School. Kami selalu berusaha merawat dan meningkatkan semangat siswa dan guru agar Bahasa Indonesia bisa terus berkembang di Australia, misalnya melalui penghargaan kepada para siswa yang serius belajar Bahasa Indonesia," kata Najib dalam keterangan tertulis KBRI Canberra di Jakarta, Jumat.

Menurut Najib, KBRI Canberra kerap mengundang para siswa dan guru ke sejumlah kegiatan penting di KBRI.

Dia menambahkan bahwa pemberian penghargaan merupakan salah satu bentuk apresiasi dan diharapkan siswa semakin semangat belajar Bahasa Indonesia dan secara aktif ikut mempromosikan Bahasa Indonesia di sekolah mereka.

Sementara itu, pemelajar Bahasa Indonesia terbaik tahun 2023 Kaya Scheuber mengaku senang belajar Bahasa Indonesia dan akan terus mempelajarinya ketika masuk ke universitas.

“Saya akan melanjutkan sekolah di Narrabundah College dan di sana ada pelajaran Bahasa Indonesia. Pasti. Saya ingin bisa lebih lancar lagi dalam berbahasa Indonesia”, kata Kaya.

Secara umum, minat siswa untuk belajar Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah di Canberra, seperti Melrose High School, mengalami peningkatan dan menurut guru Bahasa Indonesia di Melrose, Rebecca Battaglini, pada 2024 akan ada penambahan kelas yang belajar Bahasa Indonesia dari sebelumnya hanya dua menjadi empat kelas.

"Saat ini total pemelajar bahasa Indonesia di kelas 7-10 di Melrose High School mencapai 300 orang siswa," katanya.

Pada kesempatan itu, kepala sekolah Melrose High School, Diana Whymark juga mengucapkan terima kasih atas dukungan KBRI Canberra yang selalu memperkuat Bahasa Indonesia di Melrose dan telah memberikan penghargaan kepada siswanya yang telah belajar Bahasa Indonesia.

Baca juga: Atdikbud Canberra terima penghargaan Partnership Excellence Awards
Baca juga: KBRI Canberra tingkatkan wawasan guru bahasa di Australia
Baca juga: KBRI bantu mahasiswa Indonesia praktek mengajar di sekolah Canberra

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023