Kalau pemilunya baik, maka berkahnya juga ada
Jakarta (ANTARA) - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, saat berkampanye di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (3/12), mengatakan Indonesia tidak akan menjadi negara berkah jika proses pemilihan umum (pemilu) tidak berjalan dengan baik.

"Indonesia tidak akan berkah jika pemilunya tidak baik. Kalau proses pemilunya baik, maka berkahnya juga ada," kata Mahfud seperti dikutip dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, Mahfud mengajak para kiai untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar memilih sesuai hati nurani mereka dan bukan karena dirayu, dijanjikan, atau bahkan diberi uang oleh tim pasangan calon.

Namun demikian, Mahfud optimistis dapat memenangkan Pemilu 2024. Menurut Mahfud, kepercayaan itu berdasarkan pada banyaknya dukungan dari para kiai dan santri di Indonesia terhadap pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Mahfud menjelaskan dia tidak yakin bahwa sejumlah kiai, yang sudah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan tertentu, akan benar-benar mendukung mereka. Dia tetap berkeyakinan bahwa hati nurani para kiai dan santri tetap pada Ganjar-Mahfud.

"Deklarasi para kiai kepada pasangan tertentu itu hanya formalitas," kata Mahfud.

Baca juga: Mahfud MD hadiri Halaqah Kebangsaan di Bekasi pada Senin sore

Sementara itu, Kepala Ponpes Nurul Jadid Abdul Hamid Wahid mengatakan dirinya sudah tidak asing dengan sosok Mahfud. Abdul Hamid Wahid menjelaskan bahwa dirinya pernah bersama Mahfud menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2004-2009.

"Beliau (Mahfud) merupakan sosok yang disiplin, tegas, kokoh, dan ketika memiliki keyakinan selalu istikamah," kata Wahid.

Dia menjelaskan kedatangan Mahfud ke Ponpes Nurul Jadid bertujuan untuk menjalin tali silaturahim dengan para kiai dan ulama.

Kunjungan Mahfud ke Ponpes Nurul Jadid itu merupakan rangkaian kampanye hari keenam. Selain itu, Mahfud juga melakukan kunjungan ke Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Situbondo dan berkunjung ke Bondowoso, Jawa Timur.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Said Aqil sebut Mahfud Md cerdas dan dikagumi Gus Dur

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023