Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bertolak menuju Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, untuk memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan darurat bencana banjir, Senin.

Kehadiran Kepala BNPB itu sekaligus menjadi representasi pemerintah pusat yang selalu hadir meringankan beban masyarakat terdampak bencana.

"Sesuai agenda, Kepala BNPB dijadwalkan memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan darurat bencana dilanjutkan meninjau lokasi terdampak banjir bandang yang terjadi pada Jumat (1/12)," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya disiarkan di Jakarta.

Dalam rapat koordinasi tersebut, seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Humbang Hasundutan akan hadir, mulai dari Bupati, Danrem, Dandim, Kapolres, Penanggung jawab Sekretaris Daerah Kabupaten, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Kepala Pelaksana BPBD dan SKPD terkait.

Baca juga: Tim SAR perluas pencarian korban banjir bandang Humbang Hasundutan

Baca juga: BNPB beri dana siap pakai tangani banjir bandang Humbang Hasundutan


" Pada kesempatan itu, Kepala BNPB akan memberikan beberapa butir arahan terkait upaya penanganan darurat dan lebih berfokus pada penyelamatan, operasi pencarian serta pertolongan," ujar Abdul.

Sebagaimana menurut data yang dihimpun dari lapangan, sebanyak 11 orang masih dinyatakan hilang dan seorang warga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia atas petaka yang terjadi akibat dipicu oleh curah hujan tinggi ditambah faktor lainnya.

 Sementara itu, banjir bandang juga memaksa kurang lebih 200 jiwa mengungsi.

Pada kunjungan kerja tersebut, Kepala BNPB juga akan menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP) maupun logistik dan peralatan yang meliputi tenda pengungsi, tenda keluarga, sembako, selimut, matras, velbed, lampu penerangan, genset listrik, mesin pompa air beserta selangnya, guna mendukung percepatan penanganan banjir bandang.

Baca juga: Bupati: 14 rumah rusak akibat banjir bandang di Humbang Hasundutan

Baca juga: Basarnas terus cari 12 orang hilang akibat banjir bandang Humbahas

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023