Malang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Malang akan membagikan paket sembako murah senilai Rp1,3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2013 untuk 20.359 rumah tangga sangat miskin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang Hadi Santoso, Senin mengemukakan pembagian paket sembako murah itu untuk membantu warga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokok di tengah naiknya harga berbagai komoditas pangan.

"Pekan ini juga kami distribusikan agar warga bisa memenuhi kebutuhannya selama Ramadhan. Memang, paket sembako ini tidak diberikan secara cuma-cuma, tapi harus ditebus dengan harga yang sangat terjangkau," ujar Hadi Santoso yang akrab dipanggil Soni ini.

Menurut dia, paket sembako tersebut berisi minyak goreng, beras, mie instan, gula serta kecap manis dengan harga tebus sebesar Rp15 ribu/paket dari harga normal sekitar Rp65 ribu/paket.

Soni mengatakan pendistribusian puluhan ribu paket sembako tersebut dilakukan selama dua hari di masing-masing kecamatan dan dilanjutkan ke kelurahan yang dimulai dari Kecamatan Blimbing dan akan diserahkan secara simbolik oleh Wali Kota Malang Peni Suparto kepada perwakilan warga.

Sebelumnya, awal Juni, 1.838 warga miskin (gakin) di Kota Malang juga telah digelontor paket sembako murah bantuan dari Disperindag Pemprov Jatim melalui program Jalin Kesra.

Warga di Kecamatan Lowokwaru yang mendapatkan bantuan dari program Jalin Kesra tesrebut sebanyak 236 kepala keluarga (KK), Sukun 523 KK, Blimbing 425 KK, Klojen 308 KK dan Kedungkandang sebanyak 346 KK.

Belum lama ini Soni juga mengusulkan agar pembagian paket sembako murah tersebut tidak hanya dilakukan pada saat Bulan Ramadhan atau menjelang Lebaran, namun pada hari-hari besar, seperti HUT Kemerdekaan, HUT Kota Malang atau hari libur nasional lainnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013