Jakarta (ANTARA) - Hari ketujuh kampanye, Senin (4/12), Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 dimanfaatkan para calon untuk berkampanye di berbagai daerah di Indonesia, mereka menyebar sendiri-sendiri atau dalam kata lain tidak saling mendampingi satu sama lain.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyebar di dua pulau: Anies di Jawa Barat, sementara Muhaimin di Sumatera Barat.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto kembali masuk kerja sebagai Menteri Pertahanan RI, sedangkan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Tangerang, Banten, dan DKI Jakarta.

Berikutnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyebar di dua pulau, yakni Ganjar ke Sulawesi Tengah, sedangkan Mahfud ke Jawa Barat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sebelum pemungutan suara pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ketujuh kampanye untuk kembali Anda simak.

Anies-Muhaimin

Anies Baswedan melanjutkan kampanye, Senin, dengan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Nurussalam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Anies tiba di Ponpes Modern Nurussalam sekitar pukul 11.00 WIB.

Di ponpes tersebut, Anies mengingatkan bahwa santri harus mau digembleng dengan padatnya kegiatan pesantren agar bisa menjadi seperti batu permata. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa fasilitas sekolah umum dan sekolah agama harus sama, sebab semua pelajar di kedua sekolah tersebut sama-sama anak Indonesia.

Anies menyambangi ponpes tersebut setelah melakukan kampanye di dua titik di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Usai berkunjung, Anies mengatakan bahwa ia ingin perawatan Rumah Sejarah Rengasdengklok dijamin oleh pemerintah.

Anies pun berjanji akan menyederhanakan tata kelola pupuk yang selama ini menjadi akar persoalan di sektor pertanian. Anies menyebut kata "pupuk" sebanyak tiga kali saat menjelaskan masalah yang terjadi di sektor pertanian.

Di sisi lain, Muhaimin Iskandar menghadiri dialog kebangsaan bedah visi misi dan adu gagasan capres dan cawapres di Universitas Negeri Padang (UNP) serta bedah visi misi dan uji gagasan capres dan cawapres RI 2024 yang diselenggarakan BEM KM Universitas Andalas (Unand).

Di UNP, Muhaimin menyampaikan tiga hal pokok yang menjadi perhatian utamanya, yakni menyiapkan lapangan kerja untuk kaum muda; membuka luas akses permodalan bagi anak muda yang ingin menjadi pengusaha atau pun petani muda; dan menyiapkan pasar yang baik untuk hasil produksi lokal baik UMKM maupun hasil pertanian.

Sementara itu di Unand, ia memaparkan sejumlah gagasan yang akan diimplementasikan jika pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 itu terpilih pada Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran

Absen kampanye, Prabowo memilih untuk kembali bertugas sebagai Menteri Pertahanan RI pada hari ketujuh kampanye. Prabowo memberikan penghormatan terakhir kepada mantan kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo di Balai Komando Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Sementara itu, Gibran membagikan paket susu dan buku tulis kepada anak-anak di Poris Gaga, Batuceper, Kota Tangerang, Banten. Gibran didampingi istrinya, Selvi Ananda, juga mengunjungi Ponpes Asshidiqiyah Batuceper.

Saat mengunjungi ponpes, Wali Kota Surakarta itu menyebut akan menyiapkan para santri agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman untuk menghadapi revolusi industri 5.0. Santri, kata Gibran, santri adalah bagian dari generasi emas yang perlu mendapatkan perhatian dari mulai asupan gizi hingga bidang pendidikan.

Mengakhiri kegiatan pada hari ketujuh kampanye, Gibran berolahraga bulu tangkis bersama atlet senior Taufik Hidayat di GBK Arena, Senayan, Jakarta. Ia pun mengatakan bahwa cabang olahraga bulu tangkis memerlukan perhatian khusus dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) guna meningkatkan prestasi.

Ganjar-Mahfud

Mengawali kunjungan ke Sulawesi Tengah, Ganjar melakukan pertemuan bersama sejumlah relawan Ganjar-Mahfud di Kota Palu. Ganjar juga menemui Tim Pemenangan Daerah (TPD) di daerah itu. Ia meminta TPD menampung seluruh aspirasi masyarakat Sulawesi Tengah untuk disesuaikan dengan program-program yang telah dirancang.

Ganjar juga menyampaikan komitmennya untuk memberikan kemudahan akses pada lapangan pekerjaan, serta bantuan beasiswa kepada masyarakat tidak mampu apabila terpilih sebagai presiden.

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut mengaku siap untuk memberantas habis korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di Indonesia. Ia menyebut selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, dirinya telah mengusung tagline antikorupsi, yaitu “mboten korupsi mboten ngapusi” yang berarti ‘tidak korupsi dan tidak menipu’.

Sementara itu, Mahfud menghadiri acara dialog kebangsaan di Pondok Pesantren Annida Al Islamy, Bekasi Timur, Jawa Barat, pada Senin (4/12) malam, setelah berdinas sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI.

Di sana, ia menekankan agar masyarakat dapat memilih pemimpin pada Pemilu 2024 berdasarkan hati nurani, bukan berdasarkan politik uang. Mahfud juga mengajak seluruh warga pesantren untuk berpartisipasi aktif dalam gelaran Pemilu 2024 dan turut menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Round up - Hari keenam kampanye Pilpres 2024
Baca juga: Round up - Hari kelima kampanye Pilpres 2024

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023