Setiap Ramadhan saya selalu terima orderan kue, karenanya butuh nanas ini untuk membuat selai, untuk kue bolu dan nastar. Selain itu, untuk campuran sop buah disajikan saat berbuka,"
Cianjur (ANTARA News)- Memasuki satu pekan puasa, penjual buah nanas di sejumlah tempat di Cianjur, Jabar, banyak diburu masyarakat untuk penganan berbuka puasa dan untuk bahan kue untuk Lebaran.

Sejumlah pembeli yang ditemui tengah berbelanja buah nanas di Pasar Induk Cianjur, Selasa, mengaku sengaja membeli buah asal daerah Subang itu untuk bahan membuat kue dan kudapan selama bulan puasa.

Siti Manah (43), seorang pembeli mengaku sengaja memborong nanas sebagai bahan membuat kue untuk Lebaran. Selain itu, tambah dia, untuk dijadikan selai dan untuk campuran sop buah saat berbuka puasa.

"Setiap Ramadhan saya selalu terima orderan kue, karenanya butuh nanas ini untuk membuat selai, untuk kue bolu dan nastar. Selain itu, untuk campuran sop buah disajikan saat berbuka, " katanya.

Sementara seorang pedagang buah nanas, Endang (52) menyebutkan, sejak satu pekan terakhir barang dagangannya banyak diserbu pembeli. Sehingga setiap pekannya dia terpaksa menambah pesanan dari wilayah Subang, untuk menutupi kebutuhan.

"Ini puasa paling `marema` untuk dua hari awal puasa, saya bisa menjual sampai 3 ton nanas. Minggu ini saya berencana menambah pasokan hingga 5 ton karena setiap harinya daya beli terus meningkat," ucapnya.

Penjualan buah nanas pada puasa kali ini, tambah dia, berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Selama bulan puasa kali ini, permintaan buah nanas sangat tinggi.

"Kalau biasanya sekilogram dijual sekitar Rp4 ribu. Sekarang sudah mencapai Rp7 ribu sampai Rp10 ribu perkilogram," tandasnya.

Pewarta: Ahmad FIkri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013