Jakarta (ANTARA) - Atlet Basket Abraham Damar Grahita yang saat ini bermain untuk Satria Muda menilai beberapa hal terkait sistem permainan basket di Jepang dapat diadopsi di Indonesia.

Seusai mencicipi ketatnya persaingan dunia basket di Negeri Sakura Jepang bersama klub Veltex Shizuoka, Abraham mengatakan para pemain di tim Veltex Shizuoka tak hanya sekadar bermain, tapi mereka ingin memberikan kontribusi bagi Kota Shizuoka.

“Jadi tim goal mereka adalah menjadikan Shizuoka sebagai portal nomor 1 untuk sport tourism, jadi mungkin kita misal ke Manchaster atau Liverpool, orang dari penjuru dunia datang untuk MU, datang ke Liverpool,” kata Abraham saat Konferensi Pers Kerjasama Indonesia Basketball League (IBL) dengan Liga Basket Jepang B.League di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, Abraham menjelaskan bahwa tim Veltex Shizuoka ingin mengejar target tersebut, dan membuat orang dari seluruh penjuru Jepang datang ke Shizuoka untuk menyaksikan Veltex Shizuoka atau bahkan untuk menonton tim baseballnya.

Oleh karena itu, dengan adanya sistem “home and away”, tim yang menjadi tuan rumah memiliki kesempatan untuk membuat pertandingan kandang semakin menarik.

“Bisa menaruh kreativitas besar, misalnya ada sesuatu yang mungkin bisa dijual. Mungkin ke depannya, orang bisa datang ke Kelapa Gading cuma buat nonton Satria Muda,” ujar Abraham.

Abraham yang sebelumnya bermain untuk tim Prawira Bandung bermain untuk Veltex Shizuoka
yang berkompetisi di Divisi 3 Liga Basket Jepang atau B3 League di musim 2022-2023 dengan posisinya sebagai shooting guard.

Dalam konferensi pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat (10/2), Abraham menyatakan senang pernah merasakan bergabung dengan tim Veltex Shzuoka dan bermain di kompetisi basket luar negeri.

Bahkan pemain kelahiran Pangkal Pinang 8 Oktober 1995 tersebut menegaskan penampilannya bersama Veltex juga merepresentasikan negaranya.

Abraham bukan satu-satunya pemain basket Indonesia yang merantau ke luar negeri untuk berkompetisi di liga internasional.

Pemain bola basket Timnas Indonesia Brandon Jawato terlebih dulu telah berkompetisi di Liga Basket Jepang.


Baca juga: Abraham Damar: Tawaran SM datang di waktu yang tepat
Baca juga: Abraham Damar Grahita bergabung dengan klub Liga Basket Jepang
Baca juga: Abraham Damar Grahita belum bisa perkuat Prawira Bandung di IBL 2023


Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023