Jakarta (ANTARA) - Pemengaruh kecantikan Affi Assegaf mengatakan mind-body beauty atau kecantikan pikiran dan tubuh, menjadi tren kunci pada 2024.

Mind-body beauty, ujar Affi dalam acara Tokopedia Beauty Award 2023 di Jakarta, Rabu, adalah keselarasan antara kualitas hidup yang baik dengan penampilan fisik seseorang.

"Jadi, ketika kita bicara mengenai produk kecantikan, kita, tuh, tidak lagi ngomongin tentang produk yang hanya meningkatkan atau menjaga kecantikan fisik atau penampilan luar kita saja, tapi, juga gimana caranya itu juga bisa membantu kita mencapai kesejahteraan secara keseluruhan tadi itu," ujar Affi ​​​.​​​​

Dia menyebut bahwa tidak bisa dimungkiri bahwa banyak faktor yang membuat tingkat stres masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan, menjadi naik akhir-akhir ini. Salah satunya, kata Affi, yaitu pandemi COVID-19 yang baru saja dilewati.

Baca juga: Tren kecantikan 2023, masyarakat cenderung fokus pada kesehatan kulit

Oleh karena itu, Affi menilai orang-orang kini mencari produk yang tidak hanya menjawab kebutuhan penampilan saja, tapi, juga mengatasi masalah kesehatan emosi atau mental.

Affi menjelaskan mulai bermunculan sejumlah produk perawatan yang targetnya bukan hanya saja menjaga dan memperbaiki kesehatan kulit saja, namun, juga bertujuan untuk menurunkan level kortisol dalam tubuh. Contohnya adalah serum yang menggunakan bahan-bahan yang dapat mengurangi kadar stres dalam tubuh.

"Jadi kulitnya sehat, tapi, level stres juga berkurang," ujar Affi.

Selain serum, ada juga suplemen yang menurut Affi juga termasuk dalam salah satu produk kecantikan. Dia mencontohkan kini ada beberapa suplemen yang dapat menjaga kesehatan kulit sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Dia juga menyebutkan bahwa kini banyak bermunculan parfum yang mengklaim bahwa produknya dapat meningkatkan mood seseorang, bahkan menciptakan suasana hati yang berbeda-beda. Misalnya, parfum A bisa membuat lebih semangat, parfum B membuat lebih rileks, dan parfum C membuat lebih fokus.

Dia menyebutkan bahwa ada teknologi yang memungkinkan hal tersebut, yang juga dapat diimplementasikan ke produk-produk perawatan tubuh lainnya.

Baca juga: Manfaat konsumsi suplemen kecantikan, jaga kesehatan kulit dari dalam

Baca juga: Ingin cegah penuaan harus paham produk perawatan kulit yang sesuai

Baca juga: Cuci 3 bagian tubuh ini saat mandi agar tidak terkena infeksi kulit

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023