Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 200 ibu berkumpul di Masjid Al-Bina Senayan Jakarta Selatan, Rabu. Mereka bersama-sama menyalurkan tenaga untuk memasak 1.000 paket makanan yang akan diberikan secara gratis kepada kaum dhuafa.

"Tugas saya membuat es sirup. Capek memang, tapi tidak apa-apa karena untuk dhuafa," kata Novitasari (32), warga Menteng Dalam Jakarta Pusat, di Jakarta, Rabu.

Selain es sirup, Novitasari dan rekan-rekannya juga menyajikan Ayam Kecap Seribu Bulan, Tahu Kecap Cabe Hijau Peduli, dan Cah Buncis Jagung Manis Berbagi.

Menu-menu makanan tersebut merupakan resep khusus yang dirancang untuk ABC Dapur Peduli 2013, program tahunan PT Heinz ABC Indonesia yang diadakan selama bulan suci Ramadan sejak 2010.

Tahun ini, total 100.000 paket makanan gratis akan dimasak dan dibagi-bagikan oleh sekitar 2.000 ibu sukarelawan di hampir 200 titik kantong dhuafa di Jabodetabek, Bandung, dan Semarang.

"Kami juga memperkenalkan inovasi baru, yaitu ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan, mobil van yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga dapat mengakomodasi kegiatan masak-memasak. Safari Ramadhan akan mengunjungi 15 kantung dhuafa di Jakarta dan sekitarnya," kata Human Resources Director Heinz ABC Indonesia Hari Widyo, di Jakarta.

Dalam pelaksanaannya, ABC Dapur Peduli 2013 bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, serta jaringan ritel modern seperti Hypermart, Carrefour, dan Lotte Mart.(*)

Pewarta: Nurul Fadjrina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013