Jakarta (ANTARA) -
Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden beserta tim pemenangan masih terus berkampanye menyuarakan visi-misinya kepada masyarakat di berbagai wilayah pada Senin (11/12) atau hari ke-14 kampanye.
 
Ketiga pasangan capres-cawapres tersebut diberi waktu untuk berkampanye mulai tanggal 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari 2024.
 
Para pasangan capres-cawapres tersebut juga membahas soal persiapan jelang Debat Capres-Cawapres pertama yang akan berlangsung di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa (12/12).
 
Sebelum Anda menyaksikan Debat Capres-Cawapres perdana yang berlangsung malam ini, mari simak rangkuman aktivitas ketiga pasangan capres-cawapres pada hari ke-14 kampanye atau pada Senin (11/12) beserta persiapan mereka untuk menghadapi ajang adu gagasan tersebut.
 
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
 
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri kegiatan dialog yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta pada Senin.

Anies tiba di lokasi sekitar pukul 10.20 WIB dan disambut tepuk tangan para pengusaha anggota Apindo. Dalam pemaparannya, Anies mengaku memiliki visi untuk memakmurkan Indonesia.
 
Dalam kesempatan itu Anies mengatakan dirinya sudah mempelajari kondisi hukum hingga hak asasi manusia (HAM) terkini di Indonesia untuk persiapan debat perdana Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.
 
Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) juga turut bergerak menyampaikan program serta visi-misi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada hari ke-14 Kampanye tersebut.
 
Juru Bicara Timnas AMIN Indra Charismiadji, menegaskan bahwa pasangan calon (paslon) yang diusungnya lebih memprioritaskan pendidikan gratis untuk generasi muda masa depan bangsa.
 
Co-Captain Timnas Amin Sudirman Said juga turut bergerak menyapa publik sembari mengajak masyarakat membangun Posko TPS Gerakan Rakyat sebagai sarana konsolidasi warga pemilih Anies-Muhaimin.
 
Putra Anies Baswedan, Mikail Baswedan, juga turut bergerak dan hadir dalam deklarasi dukungan Generasi Anak Muda Indonesia (GEN-AMIN) kepada pasangan Anies-Muhaimin yang digelar di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.
 
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto tidak berkampanye pada hari ke-14 kampanye Pilpres 2024 lantaran kesibukan sebagai menteri pertahanan Republik Indonesia.
 
Meski demikian calon wakil presiden Gibran Rakabuming menggelar blusukan di dua lokasi pada Senin.
 
Lokasi pertama yang disambangi Gibran yakni Pasar Rumput di Manggarai, Jakarta Selatan dan lokasi selanjutnya adalah Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.
 
Gibran cuti sebagai Wali Kota Surakarta selama dua hari hingga Selasa (12/12). Cuti Gibran tersebut sekaligus untuk persiapan debat perdana di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
 
Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming juga turut hadir dalam sejumlah kegiatan dalam rangka mengampanyekan pasangan Prabowo-Gibran kepada masyarakat.
 
Ganjar Pranowo-Mahfud Md
 
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo masih gencar melakukan kampanye politik di Jakarta pada hari ke-14 masa kampanye, Senin.
 
Ganjar mengawali hari ke-14 kampanye Pilpres dengan menghadiri peluncuran luring toko merchandise Ganjar-Mahfud di FX Sudirman, Jakarta.
 
Setelah itu, Ganjar menghadiri acara "Dialog Pengusaha dengan Calon Presiden RI" yang diselenggarakan Apindo.
 
Dalam kegiatan tersebut, Ganjar diagendakan memberikan dialog mengenai roadmap atau peta jalan perekonomian Indonesia pada tahun 2024-2029.
 
Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD tidak berkampanye di hari ke-14 kampanye Pilpres 2024 karena tugas sebagai pejabat negara.
 
Mahfud dijadwalkan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna selaku menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan (menkopolhukam) dengan tema sidang tentang persiapan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, kondisi perekonomian terkini, serta evaluasi program dan kegiatan 2023 di Istana Negara, Jakarta.
 
Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md juga turut bergerak pada kampanye hari ke-14 tersebut antara lain dengan menggelar konferensi pers untuk menjawab berbagai pertanyaan publik yang dialamatkan kepada pasangan Ganjar-Mahfud.
 
Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, pada Senin pagi juga blusukan ke Pasar Rau di Kota Serang, Banten, untuk mendengarkan aspirasi pedagang dan masyarakat.

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023